Follow Us

Setelah 15 Tahun Hiatus, Tom DeLonge Ungkap Rencana Kembalinya Box Car Racer.

Rizki Ramadan - Rabu, 24 Mei 2017 | 05:04
Tom DeLonge Coba Dunia Film
Rizki Ramadan

Tom DeLonge Coba Dunia Film

Belum lama lalu, DeLonge berkicau lewat Twitternya bahwa ia tengah mengerjakan suatu proyek dengan Travis Barker. Followers menduga, Box Car Racer adalah yang sedang mereka kerjakan itu. Buktinya, DeLonge kemudian me-retweet kicauan seorang follower yang berharap BCR nggak cuma selesai di album pertama saja.

Sebelumnya, untuk merayakan Record Store Day, Box Car Racer juga menunjukkan eksistensinya dengan mengumumkan rilis ulang album self-titled mereka itu dalam format vinyl.

Box Car Racer muncul pertama kali pada 2002. Di minggu pertama penjualan, album dengan cover merah gelap menampilkan siluet cowok lagi lari itu terjual 65.000 keping.

Setelah 15 tahun, dua tahun setelah Tom DeLonge hengkang (lagi) dari Blink-182, akankah side project yang ia sebut sebagai proyek seni ini benar-benar kembali?

DeLonge menjawabnya dalam sebuah interview panjang dengan Billboard.

“Gue nggak akan membocorkan terlalu jauh,” kata DeLonge sambil tertawa, “Tapi gue dan Travis sering ngobrol, salah satunya adalah tentang Box Car Racer. Kami ngobrolinnya cukup lama. Kami baru saja merilis vinyl, lalu kami dapat tawaran untuk reuni. Entahlah, mungkin untuk di (festival) Coachella. Ada banyak hal yang muncul di pikiran kami. Ide ini nggak pernah mati di imajinasi kami, dan kami bersedia melakukannya.”

Bisa dipastikan, bahwa wacana DeLonge dan Travis untuk membangkitkan lagi proyek musik campuran punk, emo dan post-hardcore ini memang ada.

Tapi, imajinasi nggak selamanya cocok dengan realita. DeLonge menyadari itu. Banyak belokan-belokan hidup yang sudah diambil oleh DeLonge dan itu membuatnya terhambat mewujudkan ide.

“Walau kami sudah membicarakannya tapi kami belum berhasrat untuk membicarakannya dengan mendetail karena banyak yang terjadi di hidup gue, dan Travis. Blink sekarang sedang dalam keadaan sangat baik dan semua suka. Gue sedang mengerjakan proyek film dan bekerja dengan orang-orang di pemerintahan, so, ini urusan besar,” lanjut DeLonge.

Mimpi Kolaborasi

Tom DeLonge memang musisi yang doyan banget eksplorasi. Itulah mengapa ia menganggap Box Car Racer sebagai proyek seni. Ia nggak cuma mencoba campur beberapa genre, tetapi juga ngajak musisi untuk kolaborasi. Di album Box Car Racer saja, ia menggaet Jordan Pundik "New Found Glory", Tim Armstrong "Rancid", dan Mark Hoppus "Blink-182"

Nah, jika album kedua Box Car Racer benar-benar bisa diwujudkan lagi, DeLonge sudah punya bebebapa nama untuk ia ajak kolaborasi.

“Di Twitter gue pernah membahas Anthony Green (Circa Survive, Saosin). Suaranya itu membuat gue merasa balik ke era ’70-an. Gue kira dia akan cocok untuk rekaman seperti itu.Gue juga akan coba mengajak Ian MacKaye (Fugazi, Minor Threat) untuk gabung dan (mengisi) teriakan. Gue juga membayangkan kami bisa berkolaborasi dengan Ben Gibbard (Death Cab for Cutie). Ini akan keren,” kata DeLonge.

Warna musik proyek DeLonge selalu nggak terduga dan kerap mengejutkan. Akan seperti apa lagi Box Car Racer nanti jika benar akan kembali setelah DeLonge malang melintang dengan musik “luar angkasa”, CLBK dengan band lamanya, dan lanjut bersolo karier?

DeLonge sadar orang-orang tahu betapa ia suka bereksperimen, namun ia bisa memastikan satu hal. “Pop-punk selalu ada di DNA gue, walau banyak hal yang pengen gue coba,” tegas DeLonge.

Editor : Rizki Ramadan

PROMOTED CONTENT

Latest