Follow Us

Mau Jadi Anak Muda Sukses di Era Digital? Ini Dia Tiga Hal yang Wajib Kita Ketahui!

- Senin, 22 Mei 2017 | 18:01
Tips Bisnis Digital
Hai Online

Tips Bisnis Digital

Penetrasi dan pertumbuhan internet serta dunia digital negara kita luar biasa. Jika bisa memanfaatkan momentum positif ini, peluang untuk menjadi sukses terbuka lebar, apalagi dalam bisnis digital.

Yap, seperti yang digambarkan dalam infografis di majalah HAI edisi Juni nanti, Indonesia sukses nangkring di posisi 5 dalam daftar TOP 20 COUNTRIES WITH THE HIGHEST NUMBER OF INTERNET USERS versi Internet World Stats, Maret 2017.

Apalagi, menurut Bapak Presiden, Indonesia akan memiliki keuntungan besar dalam bentuk bonus demografi.

"Tahun 2020-2030, kita Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi di mana penduduk usia produktif sangat besar. Artinya dalam kurun waktu 3-13 tahun ke depan kita akan memiliki banyak sekali SDM yang tengah pada puncak usia produktif," kata Pak Jokowi.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang bisa kita lakukan dengan bonus demografi tersebut?

HAI berbincang dengan Mas M. Setiawan Kusmulyono selaku Faculty Member of Entrepreneurship & Creativity Universitas Prasetiya Mulya. Obrolan kami via surat elektronik tentunya nggak jauh-jauh tentang bagaimana memaksimalkan segala potensi yang kita punya di era digital ini, sehingga bisa menguntungkan kita sebagai anak muda. Dalam konteks bisnis misalnya.

Menurut cowok yang akrab disapa Mas Kelik ini, untuk menentukan dalam beberapa tahun ke depan bisnis apa yang akan hype, tentu kita harus perkirakan terlebih dahulu apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun itu. Mungkin, untuk sederhananya, kita sebut tren yang akan terjadi di 2020.

Berikut, tiga hal utama yang bisa kita pelajari mulai dari saat ini, berdasarkan obrolan HAI dengan Mas Kelik via surat elektronik.

1. Mengetahui Peluang di Era Digital

- Era Big Data ; pada saat ini, sudah akan berbicara mengenai jumlah data yang sangat banyak dan tantangannya bukan pada memperoleh data, tetapi mensortir data tersebut.

- Era Real Time dan Visual ; apa saja dapat diakses secara langsung. Era video call lebih maju karena akses data lebih murah dan cepat.

- Era Sehat ; kemajuan teknologi mendorong pertumbuhan makanan sehat hasil kecerdasan buatan (AI). Saat ini sudah dibuat Impossible Burger, burger yang terbuat dari oat dengan tekstur daging buatan yang serasa daging.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest