Follow Us

Microsoft Rilis Windows 10 S, Laptop Untuk Anak Sekolah

Alvin Bahar - Jumat, 05 Mei 2017 | 02:43
Windows 10 S
Alvin Bahar

Windows 10 S

Kalo di Amerika Serikat sana, iPad dan laptop Chrome OS lebih populer di sekolah-sekolah karena lebih simpel dan nggak merepotkan dibanding laptop biasa.

Microsoft nggak tinggal diam, raksasa software tersebut baru saja memperkenalkan sebuah sistem operasi baru yang ditujukan sebagai pesaing Chrome OS di ruang kelas, Windows 10 S.

Bedanya dengan versi Windows 10 lain, Windows 10 S memiliki antarmuka yang disederhanakan serta dirancang supaya lebih aman, cepat, dan hemat baterai.

Dibanding dengan Chrome OS, Windows 10 S lebih unggul dalam hal sudah mendukung layar touchscreen, stylus, juga game Minecraft yang populer di kalangan murid sekolah.

Tapi ada "harga" yang mesti dibayar oleh pengguna. Seperti yang dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (3/5), pengguna Windows 10 S hanya bisa memasang aplikasi yang diperoleh dari toko Windows Store saja.

Alasannya, aplikasi-aplikasi di Windows Store sudah diuji dan dipastikan benar-benar aman oleh Microsoft. Inilah salah satu perbedaan besar antara Windows 10 S dan dua versi Windows 10 lainnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Pro.

Windows 10 S dijadwalkan mulai tersedia sekitar pertengahan tahun ini lewat perangkat-perangkat laptop murah bikinan partner Microsoft seperti Acer, Asus, Samsung, dan Toshiba.

Harga perangkat-perangkat itu bisa serendah kisaran 189 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 juta. nggak dijelaskan apa kepanjangan dari huruf “S” di akhiran nama sistem operasi anyar itu.

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular