Follow Us

Badan Langsing Tapi Perut Buncit? Ini Dia 3 Penyebab Yang Sering Nggak Kamu Sadari

Dimas Yulian - Selasa, 04 April 2017 | 05:00
Ilustrasi kegemukan
Dimas Yulian

Ilustrasi kegemukan

Badan kamu langsing tapi perut buncit? Kamu nggak sendirian, lemak di area tengah tubuh emang seringkali lebih sulit buat diilangin dibanding dengan lemak di daerah lain. Karenanya, banyak orang yang walaupun badannya langsing, tapi perutnya justru keliatan gendut atau buncit. Selain nggak baik buat kesehatan, punya perut buncit juga nggak enak banget buat diliat.

Ternyata emang ada sebabnya lho kenapa walaupun badan udah berotot di tangan dan kaki, tapi masih ada beberapa bagian tubuh yang masih tertutup lemak. Seperti bagian pinggang, pinggul, dan bagian perut misalnya. Seperti dikutip dari Kompas.com, Cynthia Sass, ahli diet, nutrisi, dan olahraga dari Amerika Serikat, ngasih penjelaskan apa aja yang jadi penyebabnya:

Melakukan Latihan Yang Salah

Melakukan Latihan Yang Salah
Olahraga emang penting buat jaga berat badan dan kesehatan kamu. Olahraga juga penting buat menjaga ukuran pinggang berkembang. Tapi, banyak orang yang rajin olahraga namun memilih jenis latihan yang salah ketika ingin mengurangi lingkar pinggang. Misalnya latihan kardio seperti berjalan, berlari, dan bersepeda adalah contoh latihan yang hebat. Tapi kalo tujuannya buat memangkas lemak perut, kamu lebih baik menggabungkan kardio dengan latihan ketahanan, seperti push-up, squat, dan angkat beban. Karena, peningkatan massa otot akan bikin kamu membakar lebih banyak kalori.

Stres

Stres
Stres bisa menghabiskan banyak energi. Sehingga badan kamu akan mencari energi tercepat yakni gula dan lemak. Kalo kamu terus-terusan cemas, nafsu makan kamu juga pasti akan nambah. Karena ketika kamu lagi stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Nah kortisol inilah yang bikin nafsu makan kamu menggila. Karenanya penting untuk mencari cara sehat buat mengelola stres selain dengan melarikan diri ke makanan. Kamu bisa melakukan yoga, pernapasan mendalam, dan latihan meditasi. Tetapi yang lebih penting teruslah berolahraga, karena olahraga nggak hanya buat membentuk otot, tetapi juga dapat merilis hormon bahagia.

Kurang Tidur

Kurang Tidur
Kurang tidur adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang. Idealnya kita memerlukan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Kurang tidur cuma bikin kamu ngerasa lelah dan lesu. Jadi kalo kamu yang punya kebiasaan begadang, kamu harus mulai merubahnya sekarang. Penelitian menunjukkan, kurang tidur bisa meningkatkan resiko menyimpan lemak tubuh di sekitar bagian tengah tubuh.

Mulai sekarang, jadikan tidur prioritas utama di waktu malam. Jadi kamu bisa mendapatkan istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh, dan menyingkirkan apa yang tidak kamu pengen: tumpukan lemak di area perut. Selamat mencoba!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest