Follow Us

Ternyata Ada ‘Otak” Kedua Di Perut Kita

Dimas Yulian - Minggu, 09 Oktober 2016 | 05:00
Ilustrasi
Dimas Yulian

Ilustrasi

Kalian mungkin udah tau cara kerja dari fungsi otak di kepala kita. Otak adalah organ vital dari tubuh yang mengontrol semua fungsi, pikiran, dan refleks dalam tubuh. Seiiring perkembangan ilmu pengetahuan, ternyata ada “Otak” kedua lho di perut kita.

Nah lho gimana ceritanya ada otak yang tempatnya di perut? Para ahli dari ASAP Science bilang kalo otak kedua manusia ini mengandung bakteri yang mirip sama struktur otak. Serta bisa mempengaruhi mood, perilaku, dan kesehatan mental.

Buat susunannya sendiri, otak kedua ini terdiri dari kumpulan saraf yang disebut dengan sistem syaraf enterik di pencernaan. Otak kedua yang berada di usus ini yang mengendalikan banyak hal melebihi apa yang mungkin kita sadari.

Yang menarik, sistem saraf enterik ini sangat istimewa karena ternyata dialah yang mengontrol seluruh sistem pencernaan, mulai dari kerongkongan sampai anus. Sistem ini bahkan bisa berfungsi sendiri seutuhnya, bahkan ketika terpisah dari otak.

Nggak cuma ngendaliin sistem pencernaan, sistem syaraf ini juga mengaruhin mood dan perilaku kita. Dua jenis hormon yang terkait dengan perasaan gembira, ternyata diproduksi oleh bakteri usus.

Nah ternyata ini juga yang bertanggung jawab kalo kamu tiba-tiba pengen banget makanan tertentu. Bakteri usus ini yang mengirimkan sinyal secara langsung ke otak buat minta jenis makanan tertentu. Misalnya makanan yang manis-manis atau pedas.

“Sistem ini sangat rumit untuk bervolusi dan memastikan apa yang harus dikeluarkan dari usus besar,” kata Emeran Mayer, Profesor Fisiologi, Psikiatri, dan Ilmu Bioperilaku dai Universitas Calfornia, Los Angeles, seperti ditulis Kompas.com

Bakteri usus ini nggak hanya ngontrol nafsu makan, tapi juga ngontrol suasana hati kamu. Beberapa penelitian menunjukkan kalo mengonsumsi yogurt yang mengandung bakteri baik bisa ngurangin depresi dan kecemasan lho!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest