Follow Us

Efek Berantem Ternyata Bisa Nurunin IQ Remaja Setara Nggak Sekolah Selama Setahun!

Dimas Yulian - Minggu, 02 April 2017 | 06:00
Ilustrasi
Dimas Yulian

Ilustrasi

Disadari atau nggak, di usia remaja kaya kita sekarang ini emang lagi rentan dengan kondisi emosi yang nggak stabil. Salah satunya mungkin dipengaruhi oleh hormon yang memicu emosi yang bisa seketika meledak-ledak, apalagi buat remaja cowok.

Emosi yang nggak stabil seringkali berdampak pada hal-hal yang cenderung negatif, seperti terlibat dalam keributan atau perkelahian. Nah, buat yang ngerasa sering berantem karena hal-hal yang sepele, ada alasan yang kuat kenapa kamu harus mulai ngurangin atau bahkan ngehentiin kebiasaan buruk kamu ini.

Studi terbaru tentang hal ini bilang kalo cidera yang diakibatkan perkelahian ternyata dapat menurunkan IQ remaja setara dengan nggak bersekolah selama satu tahun! Studi tersebut menemukan fakta bahwa terlibat perkelahian satu kali saja pada remaja cewek udah bisa bikin kecerdasan menurun. Sedangkan buat remaja cowok, dampak tersebut dirasakan setelah dua kali perkelahian.

Penelitian ini menjadi penting karena penurunan IQ sangat berhubungan dengan penurunan performa di sekolah, gangguan mental, hingga gangguan perilaku. Para peneliti mengatakan sekitar empat persen remaja di Amerika Serikat menderita cidera dari perkelahian setiap tahunnya.

Dalam studi ini, peneliti menganalisa data dari 20.000 anak sekolah yang diikuti hingga dewasa. Hasilnya banyak remaja cowok yang mengalami cedera dari perkelahian. Akan tetapi, dampak pengurangan IQ lebih parah di remaja cewek.

Setiap melewati satu perkelahian, rata-rata remaja cowok mengalami penurunan IQ 1,64 poin, sedangkan remaja cewek 3,02 poin. Sedangkan dalam studi yang berbeda menyebutkan bahwa nggak bersekolah selama setahun bisa mengurangi IQ sebanyak 2 hingga 4 poin.

Ilustrasi
Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Adolescent Health ini, mengambil data dari semua jenis cidera pada bagian tubuh. Para peneliti yang terlibat mengatakan, dampaknya pada penurunan IQ mungkin lebih besar jika cedera terjadi di kepala. Hal ini disebabkan karena usia remaja merupakan periode kritis pada perkembangan otak.

“Kami cenderung fokus pada hal-hal yang meningkatkan kecerdasaan. Namun hal-hal yang yang menurunkan kecerdasan juga penting,” kata Joseph Schwartz, Peneliti dan Mahasiswa di College of Criminology and Criminal Justice, seperti dikutip dari Healthday News.

Langkah pertama buat menangani masalah ini adalah mengetahui mekanisme penurunan IQ. Dengan mengetahui cedera akibat berkelahi dapat menurunkan IQ, maka diharapkan akan ada progam dan cara yang dikembangkan buat menghentikan hal ini secara efektif.

Selain nggak menyelesaikan masalah, berantem ternyata juga bisa berpengaruh buat perkembangan otak kamu. Daripada berantem dan ada kemungkinan berefek pada IQ yang menurun. Mending salurin energi kamu buat hal-hal yang lebih positif seperti dateng ke acara BritAmaXHaiDay pada tanggal 29-30 April 2017 nanti di Arena Parkir Timur Senayan!

BritAmaXHaiDay
Udah nggak zaman kali pelajar berantem, pelajar zaman sekarang adalah pelajar yang aktif dan kreatif. Seperti tahun-tahun sebelumnya, HaiDay tahun ini juga bakalan ngasih wadah kalian para pelajar buat bebas bereskpresi dan menuangkan segala gagasan dan kreativitas yang kamu miliki.

Selain bakalan diisi oleh bintang tamu yang keren-keren, nantinya juga ada banyak kejutan yang nggak kalah serunya dari HaiDay tahun-tahun sebelumnya. Catet tanggalnya, dan sampe ketemu di sana ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest