Follow Us

Bikin Game Online Udah Nggak Seribet Dulu Lho!

Alvin Bahar - Jumat, 17 Maret 2017 | 04:30
Let’s Get Rich
Alvin Bahar

Let’s Get Rich

Main game itu asik. Bisa lupa semuanya kalau lagi seru. Tapi, bikin game online sendiri lebih asik. Soalnya, serunya bukan cuma pas main. Pas bikin lebih seru lagi! Udah gitu, bisa menghasilkan duit pula.

Yap. Bikin game online sendiri sekarang bukan cuma khayalan, kok. Pasalnya, bikin game online sekarang lebih gampang. Ada banyak program untuk membuat game, yang nggak mengharuskan kita berkutat dengan coding yang ribet kayak dulu. Sehingga, kita bisa membuat game dengan cara menyenangkan.

Gimana? Tertarik? Ikuti langkah-langkah berikut ini, ya.

Rancangan Dasar Game

Intinya, sih, membuat gambaran besar game seperti apa yang mau kita bikin. Dari mulai ide awalnya, bisa dimainkan oleh berapa orang, genre-nya apa, memakai sistem skor atau nggak, karakter-karakternya (termasuk sketsa/ gambarnya, plus biodata juga), aturan-aturan permainan (HP/ MP/ FP/ LP/ lainnya), cerita dalam game, berapa level karakter, perilaku karakter pada setiap level, equipment/ peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dll), lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dll), kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dll), tipe akhir permainan (closedended atau openended), engine yang akan digunakan, sistem pencahayaan (HDRI atau tidak), dan masih banyak lagi.

Tapi kalau masih pemula, kita nggak perlu bikin rancangan dasar yang detail banget kayak gitu, kok. Cukup beberapa poin utama aja yang dibikin.

Sketsa Dasar Layar

Kalau rancangan dasarnya udah jadi, buat beberapa sketsa dasar layar seperti yang diinginkan, supaya kita punya gambaran mengenai di mana berbagai elemen game akan diletakkan nantinya. Buat visualisasi karakterkarakter, lingkungan, item khusus, dan bermacam material/ tekstur dalam game tersebut, berikut animasinya.

Setelah itu, harus dipikirkan juga suara dalam game. Suara yang dimaksud secara garis besar meliputi musik latar, sound effects, dan dialog antar karakter di dalam game (jika ada).

Pilih Program Untuk Membuat Game

Seperti yang udah dibilang di atas, sekarang ini ada banyak program yang tersedia, yang membuat kita lebih gampang membuat game online sendiri. Beberapa pilihan populer untuk membuat game antara lain: Stencyl, GameMaker, Cocos2D, Unity, Unreal Engine, Twine, RPG Maker MV, Game Salad, 3D Rad Engine, Constract 2, dan Adventure Maker Studio. Jadi, tinggal pilih aja sesuai kebutuhan dan kenyamanan!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular