Follow Us

Nggak Sekedar Rumor Kayak Essien, Ini 5 Pemain Kelas Dunia Yang Pernah Bermain Di Liga Indonesia

Dimas Yulian - Senin, 13 Maret 2017 | 10:30
Mario Kempes ketika membela Timnas Argentina bersma dengan Maradona
Dimas Yulian

Mario Kempes ketika membela Timnas Argentina bersma dengan Maradona

HAI-ONLINE.COM - Beberapa hari ini, mantan pemain Chelsea, Michael Essien, dikabarkan bakalan bermain di Liga Indonesia musim ini. Pemain Timnas Ghana ini dirumorkan bakalan main di Indonesia setelah diketahui sedang berada di Jakarta. Essien sendiri saat ini juga berstatus sebagai pesepakbola professional tanpa klub, setelah terakhir bermain buat klub asal Yunani, Panathinaikos, pada musim 2015-2016. Meskipun isu tentang kedatangan Essien masih sebatas rumor, tapi sepak bola Indonesia faktanya emang punya daya tarik tersendiri buat para pemain dunia. Tercatat ada 5 pemain kelas dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia lho.

Para pemain kelas dunia ini, di negaranya sendiri juga bukanlah pemain yang sembarangan atau abal-abal. Tercatat para pemain ini bahkan pernah jadi bintang di Timnas negaranya masing-masing dan juga menorehkan prestasi yang nggak kalah kerennya di level klub. Motivasi mereka datang ke Indonesia pun beragam, Berikut 5 Pemain kelas dunia yang pernah bermain di Liga Indonesia.

Roger Milla (Kamerun) – Pelita Jaya (1994) / Putra Samarinda (1995)

Roger Milla (Kamerun)
Roger Milla adalah pemain yang sukses mencuri perhatian para penggemar sepak bola di ajang Piala Dunia 1990 di Italia. Ketika itu, Milla yang udah berusia 38 tahun sukses mencetak empat gol di ajang sepak bola paling bergengsi di dunia. Performa gemilang yang ditunjukkan oleh Milla bahkan berhasil bikin Kamerun melaju hingga babak perempat final Piala Dunia.

Nggak hanya itu, di Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat empat tahun kemudian, Milla yang udah berusia 42 tahun seakan belom berhenti bikin kejutan. Di ajang ini, Milla sukses mencetak satu gol ke gawang Rusia yang bikin nama doi tercatat sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol di Piala dunia.

Setelah bermain gemilang di Piala Dunia 1994, Milla kemudian bergabung dengan klub Indonesia, Pelita Jaya di tahun yang sama dari klub asal Perancis, Montpellier. Akan tetapi, kemampuan Milla saat itu udah jauh menurun karena faktor usia. Setelah semusim di Pelita Jaya, Milla juga sempat membela klub Indonesia lain, Putra Samarinda di musim 1995-1996.

Mario Kempes (Argentina) – Pelita Jaya (1996)

Mario Kempes ketika membela Timnas Argentina
Mario Kempes adalah salah satu legenda sepak bola Argentina yang cukup disegani namanya ketika masih bermain. Pemain yang pernah membawa klub Spanyol, Valencia, jadi juara UEFA Cup dan Copa Del Rey ini memiliki karir yang sama bagusnya baik di level klub maupun Timnas Argentina.

Kempes tercatat pernah ngebela Timnas Argentina di tiga edisi Piala Dunia yaitu di tahun 1974, 1978, dan 1982. Bahkan, Kempes adalah salah satu pilar penting saat berhasil bawa Argentina jadi juara Piala Dunia 1978. Ketika itu, Kempes sukses mencetak enam gol di mana dua di antaranya dicetak Kempes di laga final saat melawan Belanda dengan skor akhir 3-1.

Sama seperti Roger Milla, ketika dateng ke Indonesia, Mario Kempes juga membela salah satu tim kaya di Indonesia saat itu, Pelita Jaya. Ketika itu Kempes hadir sebagai pemain yang merangkap sebagai pelatih. Performanya pun nggak mengecewakan, ketika itu Kempes sukses mencetak 10 gol dari 15 kali penampilannya bersama Pelita Jaya.

Lee Hendrie (Inggris) – Bandung FC (2011)

Lee Hendrie (Inggris)
Lee Hendrie adalah salah satu mantan pemain Timnas Inggris U-21 yang pada masa mudanya sering digadang-gdang akan jadi pemain besar Inggris. Meskipun akhirnya sampai gantung sepatu belom pernah membela Inggris di ajang Piala Dunia, tapi kiprah Hendrie di tingkat klub nggak bisa dipandang sebelah mata.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest