Follow Us

Satu Dekade Honda DBL Indonesia, Liga Basket Pelajar Terbesar di Indonesia

Dimas Yulian - Senin, 13 Maret 2017 | 09:00
DBL Academy bersama dengan Honda DBL Alumni mengadakan basketball clinic kepada peserta Honda DBL 2017 yang diadakan usai Press Conference Honda DBL 2017  (7/3) di Thamrin Nine, Jakarta.
Dimas Yulian

DBL Academy bersama dengan Honda DBL Alumni mengadakan basketball clinic kepada peserta Honda DBL 2017 yang diadakan usai Press Conference Honda DBL 2017 (7/3) di Thamrin Nine, Jakarta.

Tahun ini, Honda Development Basketball League udah memasuki tahun kesepuluh sejak pertaa kali diselenggarakan di berbagai penjuru Indonesia. Satu dekade sendiri bukanlah waktu yang singkat. Dibutuhkan komitmen tinggi dan konsistensi buat bikin Honda DBL Indonesia tetap jadi liga pelajar terheboh dan terbesar di Indonesia, yang konsisten buat terus berkembang dari tahun ke tahun.

Di Indonesia sendiri, sebelumnya belom ada program pengembangan basket sebesar Honda DBL. Komitmen dari PT. Deteksi Basket Lintas dan PT. Astra Honda Motor (AHM) sebagai partner utama, berhasil bikin liga yang sebelumnya sukses di Jawa timur, berkembang jadi 25 kota di 22 provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Bahkan Honda DBL Indonesia, adalah pertama kalinya sebuah liga pelajar yang punya standar kompetisi SMA yang sama dan konsisten di berbagai wilayah di Indonesia. DBL juga mengusung konsep student-athlete, dimana performa di sekolah dan lapangan sama pentingnya, atau bahkan lebih penting!

Kiki Riski Kurniawan (perwakilan Ultrajaya), Reynaldi (product manager PT Deltomed Laboratories/Antangin), Erwin Suganda (creative director PT Untung Bersama Sejahtera)
“Nggak pernah terbayangkan DBL dan Astra Honda Motor telah bersama selama satu dekade. Rasanya nggak ada program olahraga se-massive ini yang punya partnet utama selama ini. Untuk memberi gambaran betapa panjangnya, ketika kali pertama bekerja sama, anak pertama saya belom dilahirkan. Mungkin benar, segala sesuatu yang diawali dengan tujuan baik akan berlangsung lebih langgeng. Tujuan kami sama, demi kebaikan anak muda Indonesia,” kata Azrul Ananda, Presiden Direktur DBL Indonesia.

Melahirkan Banyak Atlet Basket Berbakat Indonesia

Setiap tahun, sejak 2008 lalu, puluhan ribu pemain dari hampir seluruh provinsi di Indonesia berkiprah di Honda DBL. Lewat berbagai proses kompetisi SMA dan beberapa jenjang seleksi, kemudian diambil 24 pemain (12 putra, 12 putri) yang terpilih masuk ke tim Honda DBL Indonesia All Star. Student-athlete terbaik Indonesia inilah yang setiap tahunnya dikirim ke Amerika Serikat buat dilatih oleh pemain NBA dan atlet kelas dunia.

Beberapa ‘lulusan’ program ini diantaranya adalah Rivaldo Tandra Pengetino dan Yuni Anggraeni. Rivaldo adalah alumnus DBL All-Star tahun 2012 dan 2013 yang sekarang dinobatkan sebagai pemain 3x3 peringkat pertama di Indonesia!

Pertandingan Basket Tim Putra di DBL Jakarta
“Mengikuti Honda DBL menjadi turning point buat saya. Ketika All-Star 2013, kami bermain di lapangan Sacramento Kings di Sleep Train Arena. Sejarah buat Indonesia, pertama kalinya DBL bermain di lapangan NBA,” kata Rivaldo yang kini berkuliah di Universitas Pelita Harapan ini.

Yuni Anggraeni
Prestasi yang nggak kalah keren, juga ditunjukkan dari pebasket cewek alumnus DBL All-Star 2010, Yuni Anggraeni. Yuni bahkan tercatat pernah tergabung dalam Tim Nasional Basket Putri Indonesia di SEA Games 2015 lalu yang berhasil menyabet medali perak! Sebuah catatan fenomenal dalam sejarah basket Indonesia yang berhasil mengulang kejayaan di ajang yang sama 24 tahun lalu.

“Pengaruh Honda DBL sangat besar buat memajukan basket Indonesia. Menciptakan nama-nama baru buat Indonesia,” kata Yuni yang sekarang membela klub basket professional wanita, Sahabat Semarang.

Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).
Nggak hanya itu, komitmen panjang kerjasama anatara DBL Indonesia dan AHM juga berhasil bikin catatan bersejarah buat dunia basket Indonesia. Museum Rekor Indonesia (MURI) bahkan memberikan apresiasi kepada DBL Indonesia dan AHM sebagai pemegang rekor ‘Kerjasama Berkesinambungan Terlama antara Penyelenggara dan Sponsor Utama dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Nasional’. Keren!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest