Follow Us

Bikin Merinding. 3 Stadion Ini Bagai “Neraka” Bagi Tim Lawan!

Fadli Adzani - Senin, 27 Februari 2017 | 12:00
Bikin Merinding. 3 Stadion Ini Bagai “Neraka” Bagi Tim Lawan!
Fadli Adzani

Bikin Merinding. 3 Stadion Ini Bagai “Neraka” Bagi Tim Lawan!

Stadion memang merupakan “markas besar” bagi tim-tim sepakbola di seluruh dunia. Terdapat perasaan yang membakar api semangat mereka ketika bermain di “rumah" sendiri. Pokoknya harus mengerahkan segala tenaga untuk membuat puluhan ribu penggemar yang rela menonton bangga.

Nggak hanya itu, terdapat simbiosis mutualisme yang terjadi. Ketika puluhan ribu pendukung tim sepakbola tersebut berteriak, menyemangati tim kesayangannya, terdapat rasa takut yang diterima oleh tim lawan. Bulu kuduk berdiri dan dengkul mereka lemas.

Berikut ini adalah stadion-stadion di beberapa bagian dunia yang menjadi “neraka” bagi tim lawan.

#1 Estadio Hernando Siles (Bolivia)

Estadio Hernando Siles
Estadio Hernando Siles, sebuah stadion yang digunakan oleh tim sepakbola Club Bolivar, The Strongest dan La Paz FC di Kolombia ini menjadi salah satu yang ditakuti oleh pemain sepakbola lawan, bahkan sekelas Lionel Messi sekalipun.

Perlu diketahui, stadion ini terletak 3 ribu meter di atas permukaan laut, membuat oksigen berkurang dan memberikan efek samping kepala pusing bagi siapa saja yang belum terbiasa dengan ketinggiannya.

Sama saja seperti Messi, yang pernah bertandang bersama negaranya, Argentina, dan mengaku merasa pusing dan kekurangan oksigen ketika bermain melawan Bolivia.

“Sangat tidak enak bermain di ketinggian ini. Beberapa pemain merasa pusing,” ujarnya, dikutip redbull.com.

#2 Anfield (Liverpool, Inggris)

Anfield
Anfield, markas dari klub besar Liga Inggris Liverpool merupakan stadion yang sangat ditakuti oleh tim-tim Eropa lainnya, apalagi ketika kejuaraan Liga Champion dihelat. Selalu ada atmosfir yang berbeda ketika tim lawan datang ke Anfield untuk melakoni laga Liga Champion atau kompetisi Eropa lainnya.

Hal ini diakui oleh Cristiano Ronaldo, sang superstar yang mengatakan bahwa Anfield adalah stadion paling susah untuk dikalahkan.

Kalau nggak percaya, tanya aja sama Borussia Dortmund, yang sudah capek-capek menjebol gawang Liverpool tiga kali, dibalas empat kali sama The Reds!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest