Follow Us

Nggak Disangka, Dua Cara Sederhana Ini Efektif Buat Turunin Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Dimas Yulian - Senin, 27 Februari 2017 | 13:30
Gara Gara Ini Diet Lo Gagal Terus
Dimas Yulian

Gara Gara Ini Diet Lo Gagal Terus

Buat kamu yang berniat buat nurunin berat badan tapi nggak pernah punya waktu buat olahraga, ada kabar yang cukup menyenangkan nih! Olahraga memang salah satu elemen kunci yang bisa ngebantu kamu buat nurunin berat badan ke kondisi ideal, tapi menurut ahli gizi, Karen Ansel MS, RDN, penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer. Ada dua hal sederhana yang dapat ngebantu nurunin berat badan secara alami, tanpa diet ketat atau rutin ke gym, yaitu:

Makan Lebih Banyak Serat

Perbanyak konsumsi serat!
Menurut Ansel, serat adalah salah satu nutrisi terbaik pendukung berat badan ideal. Akan tetapi banyak orang hanya makan setengah dari jumlah harian serat yang direkomendasikan, yakni 25 gram buat cewek, dan 38 gram buat cowok. Padahal fungsi serat sangat besar buat ngendaliin rasa lapar yang sering kamu alami. Layaknya spons di dalem perut, serat akan ngembang di perut kamu dan bikin kamu ngerasa tetap kenyang lebih lama dibanding dengan nutrisi yang lain.

Selain itu, serat juga ngebantu buat ngedorong pertumbuhan bakteri baik di perut. Jenis bakteri yang bikin hormon rasa laper kamu bisa terkontrol. Jadi, semakin kecil kemungkinan kamu buat pengen ngemil dan makan kalori yang nggak perlu.

Bahkan, Ansel bilang kalo penelitian terbaru tentang hal ini telah nunjukin fakta kalo serat punya kemampuan buat ngejebak kalori lainnya setelah dicerna. Artinya, serat bakalan ngebantu kamu buat nyingkirin kalori yang udah ada di tubuh kamu! Karena itu, banyakin konsumsi serat deh. Kamu bisa nemuin makanan dengan kandungan serat tinggi dalam makanan yang memiliki kandungan biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

Kurangi Porsi Makan

Kurangi porsi makan!
Nguranginya juga nggak usah ekstrem-ektrem amat ya. Menurut Ansel, makanlah secara wajar, tapi cukup kurangi 30 persennya aja. Misal, kalo selama ini kamu makan satu mangkok nasi sekali makan, berarti kamu cukup makan sepertiganya aja. Kalo kamu berhasil motong porsi makan kamu, tanpa sadar kamu juga akan ngurangin asupan kalori yang masuk di dalam tubuh. Jadi, kamu nggak usah ngehindarin satu jenis makanan tertentu yang jadi favorit kamu. Cukup kurangi aja porsinya. Sederhana kan? Selamat mencoba!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest