Follow Us

Keren Banget! Fenomena Langka Pelangi Api Muncul Di Langit Singapura

Dimas Yulian - Rabu, 22 Februari 2017 | 09:30
Fenomena Langka Pelangi Api Yang Muncul Di Langit Singapura
Dimas Yulian

Fenomena Langka Pelangi Api Yang Muncul Di Langit Singapura

Pesona alam beserta seisinya seringkali nawarin keindahan yang seperti nggak berbatas. Keindahan dan keajaiban alam seperti nggak henti-hentinya bikin kita takjub setiap hari. Seperti salah satu fenomena alam menakjubkan yang baru aja terlihat di Sigapura pada Selasa (21/2) lalu.

Kalo setelah hujan biasanya kita ngeliat penampakan pelangi, di Singapura kemarin terlihat sebuah fenomena alam langka yang disebut dengan fire rainbow atau pelangi api! Fenomena yang juga disebut circumhorizontal arc ini adalah sebuah peristiwa langka yang tercipta ketika cahaya matahari terkena kristal es heksagonal pada posisi tertentu di awan Cirrus tipis.

Salah satu saksi mata yang ngeliat langsung fenomena ini adalah seorang warga Singapura bernama Fazidah Mokhtar. Fazidah yang bekerja di tempat penitipan anak ini bilang kalo dirinya ngeliat penampakan fenomena langka ini pada jam 17.10 waktu setempat.

“Awalnya hanya lingkaran oranye kecil yang kemudian semakin lama semakin membesar. Setelah itu muncul berbagai warna yang bertahan kurang lebih 15 menit sebelum akhirnya hilang secara perlahan,” kata Fazidah seperti dikutip dari BBC.

Terkait dengan fenomena langka ini, pihak NASA sendiri ngejelasin kalo ada beberapa kategori khusus yang memungkinkan munculnya fenomena ini. “Posisi matahari harus berada di ketingga 58 derajat di mana terdapat awan Cirrus di sekitarnya,” kata juru bicara dari NASA seperti dikutip dari ITV.

Pihaknya ngejelasin kalo sejumlah kristal es heksagonal yang akan ngebentuk awan Cirrus harus berkumpul secara horizontal agar bisa membiaskan sinar matahari seperti prisma raksasa tunggal. “Karena itu, Circumhorizontal Arc merupakan pemandangan yang nggak biasa,” jelasnya.

Keajaiban alam emang selalu menakjubkan ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest