Follow Us

Dari Kepiting Hingga Emas Batangan, Ini Dia 8 Vending Machine Yang Menjual Berbagai Barang Unik

Dimas Yulian - Rabu, 08 Februari 2017 | 04:30
Peralatan Sepeda
Dimas Yulian

Peralatan Sepeda

Di Indonesia, vending machine atau mesin penjual otomatis mungkin belom terlalu populer. Saking jarangnya, barang-barang yang dijual pun juga masih berkisar antara minuman kaleng hingga camilan atau makanan ringan. Akan tetapi, vending machine sangat populer di berbagai negara, seperti Amerika dan Jepang misalnya.

Di negara-negara tersebut, vending machine dianggap sangat membantu dan memudahkan masyarakat di sana buat membeli sesuatu. Menurut sejarahnya, dalam buku Vending Machines: An American Social History konsep mesin ini awalnya udah digagas sejak lama oleh Hero Cestevus asal Yunani.

Akan tetapi, baru pada tahun 1857 lah seorang cowok asal Inggris, Simon Denham yang berhasil mematenkannya. Awalnya, vending machine buatan Denham difungsikan buat menjadi mesin penjual perangko. Seiring berjalannya waktu, vending machine mulai berfungsi menjual berbagai barang yang sebelumnya mungkin akan terdengar aneh jika dijual memalui mesin. Dari kepiting hingga emas batangan, ini dia 8 vending machine yang menjual barang-barang unik.

Senar Gitar dan Perlengkapan Musik

Di Amerika Serikat, tepatnya di Portland, Oregon ada sebuah mesin penjual otomatis yang cukup unik. Buat kamu yang suka ngeband dan main gitar, vending machine ini bisa jadi akan sangat membantu. Kalo senar gitar kamu putus, kamu bisa segera mencari gantinya di vending machine ini. Nggak hanya senar gitar aja, vending machine inijuga menjual pick gitar, hingga stick drum. Keren kan?

Kaos Kaki

Mesin penjual otomatis yang ada di Seoul, Korea Selatan ini juga nggak kalah menarik. Mesin ini menjual berabagi jenis kaos kaki dengan warna dan motif yang berbeda. Jadi, kalo kamu ngerasa kedinginan atau kaos kaki kamu basah, kamu tinggal masukkan uang dan sepasang kaos kaki baru siap buat digunakan.

Telur

Kalo biasanya telur harus kita beli dari penjual karena bentuknya yang rapuh. Di Jepang, sepertinya ini bukanlah bagian dari masalah. Negara ini memiliki sebuah vending machine khsusu yang menjual telur secara otomatis. Seperti dikutip dari Japantravelmate.com, ada sebuah alat penjual telur otomatis yang beroperasi di Kota Toyota, Jepang. Keren nggak tuh?

Selada

Nggak hanya telur, di Jepang juga ada sebuah vending machne yang juga menjual sayur mayor. Seperti dikutip dari Weirdasianews.com, secara spesifik mesin buatan Dentsu ini menjual selada sebagai barang daganganya. Uniknya, mesin ini berhasil menumbuhkan 20 ribu selada tiap tahunnya tanpa menggunakan cahaya matahari. Nggak hanya itu, mesin ni juga bisa menumbuhkan lima sayuran berbeda sekaligus dengan menggunakan lampu buatan.

Make-Up

Perusahaan make-up Sephora membuat terobosan unik dalam memasarkan produk mereka. Salah satu produsen makeup terkemuka ini menciptakan vending machine yang khusus difungsikan buat menjual make up secara otomatis. Melalui mesin otomatis ini, konsumen cukup memilih rias wajah yang dipilih melalui kaca. Pada tahun 2010, vending machine yang khusus menjual make up ini telah resmi tersedia di berabgai bandara di Amerika Serikat.

Kepiting

Dari sekian vending machine yang ada di daftar ini, vending machine asal China ini bisa dibilang yang paling aneh. Bayangkan, mesin penjual otomatis ini menjual kepiting dalam keadaan yang masih hidup! Vending machine ini sendiri berada di Nanjing, Provinsi Jiangsu, dan banyak dikonsumsi oleh para warga sekitar.

Seperti dikutip dari Citylab.com, mesin ini telah berhasil menjual setidaknya 200 ekor kepiting. Dan bahkan berani memberikan garansi 3 kepiting hidup gratis andai konsumen mendapatkan kepting yang dibelinya di mesin ini dalam keadaan mati.

Peralatan Sepeda

Peralatan Sepeda
Buat kamu yang gemar gowes, bisa jadi akan menggemari vending machine yang satu ini. Mesin penjual otomatis ini bisa membantu kamu mencari berbagai perlengkapan sepeda dengan lebih praktis dan mudah. Nggak hanya ada di satu lokasi, vending machine ini tersebar di beberapa lokasi di Amerika Serikat. Buat mengetahui persebarannya kamu bisa buka situs resminya, Bikefixtation.com.

Emas

Dubai selama ini emang terkenal sebagai negara yang cukup nyentrik dalam berabagi hal yang terkait dengan kemewahan. Di Dubai, ada sebuah vending machine yang khusus menjual emas batangan! Mesin penjual otomatis yang disebut dengan Gold To Go ini, seperti dikutip dari Cnet.com menjual emas batangan 24 karat di berbagi lokasi di negara Timur Tengah ini. Hooraang kayaa.... :)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest