Follow Us

5 Macam Nazar Siswa Kelas XII Jika Diterima PTN.

Rizki Ramadan - Senin, 06 Februari 2017 | 08:30
PR Dihapuskan, Pelajar (Mau) Pulang Sekolah Tanpa Beban!
Rizki Ramadan

PR Dihapuskan, Pelajar (Mau) Pulang Sekolah Tanpa Beban!

Tau nggak sih apa itu nazar? Nazar secara etinologis adalah berjanji akan melakukan sesuatu yang baik atau buruk. Sedangkan dalam terminologi syariah nadzar adalah menetapkan atau mewajibkan melakukan sesuatu yang secara syariah asal tidak wajib.

Nah, di masa-masa menjelang seleksi PTN ini ternyata temen-temen kita yang kelas XII banyak, lho, yang menyatakan nazarnya kalau keterima di PTN impiannya. Nazar jadi penyataan bahwa mereka emang bertekad banget pengen meraih cita-citanya itu.

Bentuk nazarnya macam-macam. Ada yang deket sama agama, ada juga yang merubah penampilan diri. Ini dia beberapa di antarany.

Bergamis

Nah, kalau yang satu ini bakalan narik perhatian para maba dan mahasiswa lainnya, karena siswi SMA Negeri 10 Yogyakarta yang bernama Titi Nur Rachmah bernazar bakal memakai gamis selama 1 minggu kuliah jika diterima di PTN impiannya. Yah, gamis merupakan pakaian terusan dari atas sampai bawah yang sering digunakan wanita diacara keagamaan dalam islam. Wahh, bakal kece badai nih...

Baca Al-Qur’an

Nazar yang satu ini cukup religius ya. Al-Quran adalah pedoman hidup umat islam, karena itu membaca Al-Qur’an dapat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Tak heran jika Septiyani, siswi SMK Negeri Batam berjanji bakal baca surah Ar-Rahmaan sampai habis dalam waktu satu hari kalau diterima di Perguruan Tinggi Negeri impiannya.

Botakin Rambut

Entah apa hubungannya masuk PTN dengan penampilan rambut, tapi emang banyak juga temen-temen kita yang menganggap bahwa membotakkan rambut adalah sebuah pengorbanan besar. Ya, nggak heran sih. Soalnya, banyak yang nganggep kalau rambut tuh mahkota kepala.

Dio Firdaus dari SMAN 100 Jakarta salah satunya. Doi bersungguh-sungguh menyatakan nazarnya itu setelah mendengarkan seminar tentang penerimaan mahasiswa Universitas Indonesia.

“Kalau gue keterima di Filsafat UI, gue akan botakin rambut," kata Dio.

Kita aminin dulu yuk harapannya Dio.

Halaman Selanjutnya

Puasa
1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest