Follow Us

Mengenal Pariwasata dan Budaya bersama Putra Intelegensia Kota Magelang

Rizki Ramadan - Selasa, 08 November 2016 | 06:15
Putra Intelengensia Kota Magelang
Rizki Ramadan

Putra Intelengensia Kota Magelang

Siapa sih yang nggak suka berwisata di kala liburan, apalagi sekarang kan eranya traveling banget. Anak muda, seolah nggak eksis kalau belum pernah traveling dan share foto-fotonya di Instagram.

Karena minat berwisata meningkat, info dan pengetahuan soal tempat-tempat wisata itu diperlukan banget. Atas alasan itu pulalah di Kota Magelang tiap tahunnya ada pemilihan Duta Wisata, demi mencari anak muda yang bisa mengenalkan wisata di sini kepada Indonesia.

Di ajang pemilihan ini ada juga pemilihan cabang intelegensia soal wisata. Dan tahu kah kamu, pemenangnya masih seumuran kita, lho. Dia didapuk juara karena dinilai paling kece pengetahuannya tentang budaya dan wisata.

Perkenalkan, dia adalah Melkior Krisna Arondaya, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magelang. Dia bakal diberi tugas seru membagi pengetahuannya itu ke orang lain.

Kayak gimana ya, tuh asiknya? Mending kita simak langsung nih obrolan sama dia.

Gimana prosesnya kamu sampe bisa jadi juara?

Jadi prosesnya itu melalui beberapa tahap, tahap yang pertama adalah tahap penyisihan. Dari 103 pendaftar. Di tahap ini kami memperkenalkan diri di depan juri tentang identitas, prestasi akademis dan prestasi yang berhubungan dengan budaya.

Setelah itu diambil 30 besar, lalu 30 peserta mengikuti kegiatan pembekalan dan praktek-praktek selama 3 hari. Hari pertama dan kedua ada materi yang tertulis biasa lalu hari ke-3 ada One Day Tour, acaranya, tuh, muter-muter kota Magelang untuk mengetahui pariwisata dan budaya yang ada.

Setelah itu ada tes tertulis dan wawancara dengan dewan juri, untuk melatih public speaking dan praktik nyata di depan dewan juri, lalu ada malam keakraban, untuk mengakrabkan para finalis satu sama dan lain dan juga panitia supaya ke depannya bisa bekerja sama untuk mempromosikan pariwisata kota Magelang, tahap terakhir yaitu pemilihan dan penobatan duta wisata, dari 30 finalis diambil 5 besar, 5 besar itu nantinya ada Juara Intelegensia, Juara Kepribadian, Juara 1,2, dan 3. Puji Tuhan, aku masuk 5 besar dan jadi juara intelegensia.

Share, dong, tipsnya biar bisa sampe juara gitu? Ada ritual latihan tertentu kah?

Kalau tipsnya, lebih banyak membaca tentang wisata-wisata yang ada di Magelang, kan besoknya nggak cuma media sosial tapi harus praktek ke masyarakat juga, mungkin dari ngobrol dengan orang lain juga bisa melatih public speaking kita, supaya saat face-to-face dengan masyarakat bisa lancar berbicara.

Ada inspirator/idola nggak yang bikin kamu makin terdorong?

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest