Dalam pemasaran suatu produk, bentuk dan konsep kemasan adalah salah satu hal yang penting buat diperhatikan. Pada dasarnya pengemasan adalah sistem yang terkoordinasi buat menyaipakan barang menjadi siap untuk didistribusikan dijual, dan dipakai. Sedangkan dari segi promosi, kemasan berfungsi sebagai salah satu faktor perangsang daya tarik buat pembeli. Karena itu, bentuk, warna, dan konsep kemasan sangat penting buat diperhatikan.
Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, tipografi dan elemen-elemen desain lainnya, dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Biasanya, fungsi utama dari kemasan adalah buat menjaga produk. Akan tetapi saat ini, kemasan menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran.
Kemasaran yang dirancang dengan baik, dapat membangun image merk dan mendorong tingkat penjualan produk. Karena pada dasarnya kemasan adalah bagian pertama produk yang dihadapi pembeli, yang memiliki kemampuan mampu menarik atau justru menyingkirkan pembeli.
Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen buat dapat merebut minat konsumen terhadap pembelian barang. Produsen berusaha memberikan kesan yang baik pada kemasan produknya. Dan menciptakan model kemasan baru yang berbeda dengan produsen lain yang memiliki produk sejenis.
Dengan semakin banyaknya produk yang memiliki kemasan menarik, otomatis banyak produsen yang harus mulai berpikir lebih kreatif tentang desain kemasan. Hasilnya, banyak produk yang kemudian membuat konsep kemasan yang nggak konvensional dan cenderung unik. Mereka meninggalkan bentuk kemasan yang standar, dan menggantikan dengan kemasan yang berkonsep kreatif dan inovatif. Seperti dikutip dari Lifebuzz, ini dia 10 kemasan produk dengan konsep unik dan kreatif.
Beehive Honey Squares
NYC Spaghetti