Follow Us

Opini Pelajar: Gratiskan Internet Senusantara, Maka Majulah Indonesia

Rizki Ramadan - Selasa, 15 November 2016 | 02:30
foto ilustrasi, menampilkan pelajar jurusan Teknik Informatika di MK Yayasan Pendidikan Islam alias SMK Yapis Wamena
Rizki Ramadan

foto ilustrasi, menampilkan pelajar jurusan Teknik Informatika di MK Yayasan Pendidikan Islam alias SMK Yapis Wamena

Kerasa nggak sih kalau kehidupan yang kita lakukan ini nggak bisa lepas dari akses internet? Bahkan kita akan kesulitan jika harus berpisah dengan yang namanya internet. Nggak juga? Ya udah sini saya tantang kalian buat hidup satu bulan tanpa internet. Nanti saya kasih hadiah mobil... dalam mimpi :p

Dalam pendidikan pun, pelajar dan mahasiswa sering dituntut untuk aktif berpatisipasi secara online atau melakukan riset online. Misalnya saat presentasi sesi tanya jawab, tanpa adanya akses internet, pencarian jawaban akan membutuhkan waktu yang sangat lama bukan? Dengan Google, kita bisa mencari dengan kata kunci tertentu dan akhirnya bisa mengetahui jawaban yang dicari dengan tepat dan efisien.

Beberapa sekolah di kota-kota besar bahkan sudah menerapkan digitalisasi pada sistem pendidikannya. Proses pembelajaran akan menjadi mudah apabila akses internet dengan mudah dijangkau. Seperti dengan pemasangan Wifi sekolah yang memudahkan saya untuk mencari materi dan ulangan berbasis CBT ketika nggak ada uang untuk membeli paketan (internet)

Tak haram jika dikatakan kita semua adalah pecandu intenet. Dan coba kalian bayangkan jika pemerintah menganggarkan dana APBN agar rakyat indonesia dapat mengakses internet gratis. Kira-kira gimana jadinya ya?

Pastinya sih bakal ada dampak positif dan negatif, tapi kalau tiap inovasi diliat dari kemungkinan negatifnya mulu yang akan muncul maka kita nggak akan maju-maju guys.

Lantas apa sih dampaknya jika pemerintah menganggarkan internet gratis? Yang pasti adalah kemajuan yang pesat dari berbagai sektor. Seperti kita tahu bahwa perkembangan desa seringkali tertinggal jauh dengan di kota besar, penyebabnya bukan hanya faktor ekonomi saja, namun karena ketertinggalan informasi. Dengan internet maka wilayah tertinggal bisa mengakses informasi dengan cepat dan efisien.

Internet gratis pun juga dapat mengurangi pembajakan di Indonesia. Kalian tahu kan kalau indonesia termasuk salah satu negara dengan pembajakan konten digital terbesar di dunia?. Lha terus kok bisa akses internet mengurangi pembajakan? Kan memudahkan pelaku untuk mendownload konten digital secara ilegal? Jadi gini guys, dari fenomena 4G belakangan ini. Dengan kuota yang melimpah, pengguna netter jauh lebih memilih menggunakan aplikasi seperti JOOX, SPOTIFY, dan aplikasi musik lainnya daripada mendownload secara ilegal. Aplikasi ini legal guys, dan pencipta tetap akan mendapatkan bayaran dari hasil karyanya. Bisa dibayangkan jika internet gratis, dalam skala yang lebih jauh lagi bukan nggak mungkin kita akan lebih memilih streaming film dan konten-konten yang lain.

Nggak sampai disitu saja, internet gratis juga bisa berdampak besar pada bidang perdagangan, industri kreatif, games, perfilman, ekonomi, pelayanan publik, e-commerce, hingga transportasi online. Sebenarnya kita semua sudah merasakan kemajuan dari adanya internet. Di era digital ini, siapa sih yang nggak kenal dengan OLX, Tahu Bulat, Comic 8, Qlue, Quipper, Lazada, Gojek, dan beberapa aplikasi lainnya. Pada intinya, internet bisa menjadi batu loncatan agar kita bisa selangkah lebih maju dari negara lain.

Pemerintah juga bisa mengambil peran dalam pelayanan publik berbasis online. Yang artinya, bahkan bukan nggak mungkin Pungli akan musnah di muka bumi ini. Basis online akan dapat merubah sistem birokrasi kita yang bahkan bisa dibilang (maaf) BOBROK. Mulai dari percaloan, antran yang lama, mendahulukan yang ngasih salam tempel bahkan Korupsi dimungkinkan dapat musnah dalam keterbukaan dan keobjetifan program dalam mengeksekusi data.

Kini tinggal tunggu saja langkah pemerintah selanjutnya. Dalam mewujudkan gagasan ini, pemerintah bisa mengakuisisi semua provider di tanah air. Seperti pada bergabungnya XL dan AXIS, pemerintah juga dapat menggabungkan semua provider menjadi ONE SIM yang dikelola oleh BUMN. Dalam cara yang lain, pemerintah bisa dengan bekerja sama dengan penyedia layanan internet dalam menyediakan jaringan Wi-Fi gratis diseluruh Indonesia.

Di balik itu semua, pemerintah harus memperhatikan pemerataan akses internet di semua wilayah indonesia, sudah menjadi rahasia umum jika pembangunan hanya berkutat di Jawa saja. Wilayah Timur juga harus mendapat fasilitas yang sepadan dengan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang merata hingga pelosok daerah.

Hal yang paling penting nih, Pemerintah harus melek dan fasih akan kemajuan teknologi. Agar bisa mengatisipasi dampak cybercrime, penipuan, perjudian, bahkan pornografi. Mulai dari pemblokiran situs ilegal yang itu itu hingga bergerak mandiri dengan menggunakan database server buatan sendiri. Resiko kecolongan informasi sangat tinggi jika kita masih bergantung pada server diluar negeri. Dan untuk KPI nih, harusnya bijak mensensor sesuatu yang emang pantas di sensor.

Amerika saja menganggarkan $225 juta/tahun untuk subsidi internet bagi masyarakat kurang mampu, saya yakin Indonesia bisa lebih dari itu! Menurut kalian nih, ada nggak sih alasan lain mengapa indonesia perlu banget internet gratis? Buruan komen, guys

Muhammad Yusuf Awali Taufiqi - SMAN 16 Surabaya

Editor : Rizki Ramadan

PROMOTED CONTENT

Latest