Follow Us

Gara-gara Smartphone Hilang di Kereta, Cowok Indonesia Ini Jadi Best Friend Mahasiswa Jepang

Alvin Bahar - Rabu, 19 Oktober 2016 | 10:00
Noda dan Rochmat
Alvin Bahar

Noda dan Rochmat

Kereta rel listrik (KRL) yang dikirim dari Jepang ke Indonesia tanpa sengaja menciptakan jalinan persahabatan antara warga Jepang dan Indonesia. Semuanya berawal gara-gara smartphone seorang mahasiswa Jepang bernama Shota Noda yang ditemukan orang Indonesia bernama Syahri Rochmat.

Smartphone milik Noda hilang di sela-sela kursi kereta Nanbu Line pada akhir 2015, ketika kereta itu masih di Jepang. Setelah kereta itu dipindahkan sejauh 5.800 kilometer, yakni di Jakarta, smartphone itu ditemukan Rochmat, pegawai PT KAI Commuter Jabodetabek.

Saat itu Rochmat nggak sengaja menemukan sebuah smartphone yang terselip di antara jok dengan bagian bawah kursi. Di dalam tempat smartphone, Rochmat juga menemukan selembar kartu mahasiswa.

Rochmat menyadari smartphone dan kartu mahasiswa itu milik mahasiswa Jepang. Namun dia nggak bisa membaca tulisan berbahasa Jepang, sehingga ia mengunggah foto kartu mahasiswa itu di akun Twitter miliknya, sambil meminta tolong para pengguna Twitter untuk membantu mencari sang mahasiswa.

Mengutip Japan News via Kompas.com, pada 11 Januari 2016, Noda di Jepang menerima pesan pada akun Facebook miliknya disertai foto kartu mahasiswanya. Ia pun langsung membalas dan meminta smartphone dan kartu mahasiswanya agar dikirim melalui pos internasional.

Akan tetapi, ada kendala bahasa. Akhirnya, Noda memutuskan untuk pergi ke Jakarta guna mengambil smartphone dan kartu mahasiswanya yang sempat hilang. Akhirnya, Noda dan Rochmat bertemu untuk pertama kalinya di sebuah stasiun kereta api di Jakarta.

Pertemuan itu terjadi pada 27 Juli 2016 lalu, sekitar tujuh bulan setelah si smartphone hilang. Sejak saat itu, keduanya bersahabat dan bahkan berfoto "selfie" dengan smartphone yang hilang tersebut.

Jalinan persahabatan keduanya terus berlanjut ketika Rochmat berkesempatan mengunjungi Tokyo pada bulan Agustus 2016 lalu dan Noda mengajaknya berkeliling kota. Tak sengaja pula, tas berisi suvenir yang dibawa Rochmat tertinggal di dalam kereta, namun akhirnya ditemukan dan dibawa ke pos barang tertinggal di stasiun terdekat.

Gokil ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest