Follow Us

Awas, Keseringan Main Gadget Bisa Bikin Dimensia Digital

Dimas Yulian - Selasa, 18 Oktober 2016 | 14:00
Gedein ukuran gadget atau gedein isi otak?
Dimas Yulian

Gedein ukuran gadget atau gedein isi otak?

Hayo ngaku berapa lama dalam sehari kamu tahan nggak megang gadget? Coba deh itung, dalam satu hari berapa waktu yang kamu abisin cuma buat mantengin layar hape? Buat kamu yang udah ngerasa ga bisa lepas sama yang namanya hape, mulai dikurangin deh dari sekarang. Nggak cuma bikin males dan mager, keseringan main gadget bisa bikin dimensia digital loh!

Nah lho apa sih sebenernya Dimensia Digital itu?

“Dimensia digital ini menggambarkan adanya dampak negatif pada mental. Bukan sama persis seperti pada penyakit usia lanjut, tapi istilahnya digunakan untuk menggambarkan permasalahan yang ada,” kata Dr. Gary Small, Professor Psikiaitri dari UCLA Semel Institue, Amerika Serikat, di Konferensi Wellnes Tour 2016, Senin (10/10) seperti ditulis Kompas.com.

Seperti pasien dimensia yang kemampuan kognitifnya terganggu sehingga kemampuan mengingatnya memudar. Efek terlalu banyak menggunakan gadget ternyata juga bisa berdampak sama. Ngeri ya?

Gary menyebutkan penelitian yang dilakukan kepada karyawan kantoran di Taiwan oleh Herbalife, menemukan fakta bahwa penggunaan teknologi secara berlebihan terbukti menurunkan kemampuan mengingat.

“Interaksi kita dengan layar juga berkorelasi dengan tingkat pemusatan perhatian,” kata Gary lagi.

Masalah ini ternyata juga punya efek di generasi muda kaya kita ini. Generasi millenial, atau yang lahir di tahun 1990-an ternyata juga bisa kena efek nefatifnya.

“Padahal generasi ini danggap sebagai digital native karena sangat cakap memanfaatkan teknologi. Tapi mereka selalu online sehingga lupa cara berkomunikasi secara langsung atau tatap muka. Mereka tidak bisa mengenali isyarat-isyarat yang sifatnya non-verbal,” jelas Gary.

Menurut Gary, walaupun belom ada durasi yang dianggap ideal untuk pemakaian gadget. Tapi ia menyarankan agar mengambil jeda setiap dua jam. Ia juga menyarankan untuk memanfaatkan aplikasi sebagai pengingat kita melakukan jeda setiap 30 menit sekali.

“Lakukan peregangan atau mungkin meditasi,” kata Gary.

Udah tau kan sekarang efek buruknya keseringan main gadget? kamu ngerasa hal yang sama? kalo iya buruan dikurangin deh intensitas pemakaiannya. Atau kalo nggak ya beri jeda buat setiap pemakaian. Jangan seharian cuma main gadget terus.

Gunakan teknologi secara bijak ya!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest