Follow Us

Tips Jadi Juara dari Peraih Medali Emas Cabang Lompat Jauh di O2SN 2016

Rizki Ramadan - Selasa, 11 Oktober 2016 | 03:00
Andre Wiraguna peraih medali emas lompat jauh di  O2SN dari  SMAN 2 kisaran
Rizki Ramadan

Andre Wiraguna peraih medali emas lompat jauh di O2SN dari SMAN 2 kisaran

Olahraga atletik itu emang bukan cabang olahraga yang banyak diminati remaja. Nggak sepamor sepak bola, basket, atau renang. Namun, bukan berarti nggak ada pelajar SMA yang menggelutinya. Salah satu pelajar kece itu adalah Andre Wiraguna, peraih medali emas di cabang olahraga lompat jauh di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2016 kemarin.

Sudah sejak SMP Andre dikenalkan dengan lompat jauh. Awalnya hanya iseng-iseng melompat saja. Tak disangka, ternyata lompatannya bisa jauh dibanding teman-temannya. Guru olahraganya saat itu pun merekomendasikan Andre untuk fokus menggeluti bidang olahraga ini.

Hingga saat di SMA, ia mulai berani mengikuti kompetisi. Beruntung, di sekolahnya, SMAN 2 Kisaran, Sumatera Utara, menyediakan ekskul yang khusus mempersiapkan siswa untuk bertanding di O2SN. Dibimbing guru olahraga, Andre berlatih rutin.

"Saya latihan tiga kali seminggu. Senin, Rabu, dan Jumat," kata cowok jangkung ini saat HAI temui di sekolahnya. Andre berlatih di sekolah. Ya, sekolah Andre sengaja menyediakan fasilitas khusus untuk murid berlatih lompat jauh.

Hebatnya, di laga pertama yang ia ikuti, Andre benar-benar membuktikan kalau dirinya berbakat. Ia lolos ke tingkat nasional di kompetisi yang digelar di Makassar. Walau nggak sampai juara tiga besar, berada di peringkat tujuh sudah bikin Andre bangga. Hingga di O2SN 2016 yang berlangsung pada 23-31 Juli 2016 lalu ia sukses melompat paling jauh dibanding finalis lainnya.

“Saya melompat 6,46 meter, sementara yang juara kedua, 6,37 meter, dan juara ketiga 6,35 meter," papar pemilik akun Instagram @andrewiraguna ini.

Syahruddin Lubis, sang kepala sekolah, meneybtukan bahwa kemenangan Andre sangat membanggakan sekolah. "Semenjak berdiri puluhan tahun lalu, akhirnya ada siswa sini yang meraih emas di O2SN," kata beliau. Pantas saja, di sekolah, kemenangan Andre sampai diumumkan lewat spanduk.

Andre yang sempat bercita-cita menjadi tentara ini kini berencana kuliah di Universitas Negeri Jakarta demi bisa mengeyam pendidikan tinggi olahraga. Namun, untuk menjadi atlit, Andre masih berpikir dua kali, tuh.

"Atlet di Indonesia, kan, pembinaan dan perencanaannya masih belum jelas gitu," tukas Andre.

Cuplikan kemenangan Andre di O2SN kemarin bisa dilihat di video berikut ini:

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular