Follow Us

Kelakuan! Pelajar Bawa Laptop Ke Kelas Untuk Nge-Game, Bukan untuk Belajar.

Rizki Ramadan - Senin, 03 Oktober 2016 | 09:56
pelajar nge-game di kelas saat jam belajar
Rizki Ramadan

pelajar nge-game di kelas saat jam belajar

Bawa laptop ke sekolah dengan embel-embel mau presentasi? Halah, padahal mah, mau nge-game bareng temen-temen sekelas, tuh. Hahaha. Kebiasaan bawa laptop ke sekolah emang dengan gampang lewat pemeriksaan guru. “Kan, kebutuhan pelajaran masa kini emang mengharuskan kita mengakses internet!” begitu pembenaran yang sering terdengar. Ah, bisa aja nih.

Sampe kelas, buka laptop, langsung deh nyiapin gamenya. Nggak perlu laptop berspek tinggi untuk ngegame sambil belajar di kelas. Yang diperlukan adalah nyali yang besar dan tekad yang kuat. Menurut M. Iqbal, dari SMAN 100 Jakarta yang mengaku sering melakukannya tanpa ketauan guru. “Yang penting sih selalu waspada aja,” ujar pemain sejati game Terraria ini.

Bahkan Iqbal punya strategi sendiri dalam beraksi. Yang pasti dia menghindari jam pelajaran. “Kalo main biasa nya pas istirahat, atau nggak pas jam pelajaran yang kosong alias free class, biar lebih aman dari kemungkinan ketangkep guru," lanjut cowok berbadan besar ini.

Tapi, tetep ada sih teman kita yang urat nyalinya tebel kayak buku LKS Biologi. Di jam pelajaran pada saat guru lagi ngajar, dia tetep buka laptop dan main game.

“Yang pertama, pastiin volume laptop kosong. Karena volume itu hal yang fatal banget kalo sampe kedengeran. Yang kedua, pura-pura sibuk ngetik ngerjain tugas aja, padahal sih, kita lagi sibuk nge-game. Hahahaha” kata sang master game RPG ini membeberkan strateginya. Nekat.

Menjaga volume tetap rendah atau bahkan mati adalah salah satu teknik dasar yang harus kita lakukan untuk menghindari kemungkinan kita ketahuan oleh guru. Jangan sampe, kita lupa dan akhirnya laptop kita malah disita deh. Justru itu, kalo kita belom siap dengan resiko yang akan terjadi, disarankan untuk nggak melakukan hal ini.

Jangan sampe tugas belom selesai, laptopnya udah dikandangin di ruang guru tuh.

Penulis: Dio Firdaus - SMAN 100 Jakarta

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest