Follow Us

Hati-hati Yang Sering Ciuman, 5 Penyakit Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

- Jumat, 09 September 2016 | 10:00
Kenapa Saat Ciuman, Orang Memejamkan Mata?
Hai Online

Kenapa Saat Ciuman, Orang Memejamkan Mata?

Ciuman memberikan rasa hangat dan nyaman terhadap masing-masing pasangan.

Eh, bener nggak, sih, ini? Yaaaa, bener atau nggaknya mungkin emang tergantung diri kita sendiri waktu ciuman. Namun yang paling penting, kita harus tau dulu fakta kalau ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan lewat kegiatan ciuman. Di antaranya bahkan merupakan penyakit menular seksual, lho! Nah, ada baiknya kita perhatikan dulu 5 penyakit yang bisa ditularkan lewat ciuman. Intinya, hati-hati ya, bro!

1. Herpes

Herpes emang mungkin nggak bisa disembuhin, tapi juga nggak mematikan. Menurut World Health Organization alias WHO, sekitar dua pertiga populasi di dunia di bawah usia 50 tahun, pernah memiliki virus herpes simplex 1 (HSV-1), yang dikenal sebagai jenis herpes oral.

2. Sifilis

"Sifilis adalah kondisi yang sangat menular, dan salah satu tandanya adalah luka di mulut," kata Antonio Pizarro, M.D., dokter kebidanan dan kandungan di Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari laman Kompas.com.

Luka ini biasanya terbuka, sehingga bisa menularkan virus lewat ciuman. Namun, berciuman bukan cara penularan sifilis yang paling umum. Seks oral, anal dan vaginal masih menduduki peringkat yang lebih tinggi.

3. Meningitis

Beberapa jenis meningitis disebabkan oleh bakteri, sementara beberapa lainnya terjadi karena virus (termasuk virus herpes). Seenggaknya, itulah yang dibilang Chris Carpenter, M.D., kepala seksi Penyakit Menular dan Pengobatan Internal di Beaumont Hospital di Royal Oak, Michigan.

Kontak dengan seseorang yang memiliki virus meningitis bisa bikin kita ikut-ikutan mendapatkan virus tersebut. Termasuk bisa menyebar melalui ciuman. Namun belum tentu kita jadi benar-benar menderita meningitis. Ya, hati-hati nggak ada salahnya, kan?

4. Mononukleosis Menular

Mononukleosis disebut "penyakit berciuman" lantaran virus mono emang gampang menular melalui ciuman, menurut Mayo Clinic.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Latest