Follow Us

Ternyata Tukang Ketok Magic Bukan Dukun!

Hai Online, Eko Nugroho - Selasa, 06 September 2016 | 05:00
Bengkel ketok magic kepunyaan Pakde Supar yang udah beroperasi selama lebih dari 20 tahun
Hai Online

Bengkel ketok magic kepunyaan Pakde Supar yang udah beroperasi selama lebih dari 20 tahun

Kenapa ya? Ketika mobil dibawa ke tukang ketok magic, kita biasanya nggak boleh melihat tukang itu bekerja? Kata orang, sih tukang itu mengembalikan bodi mobil yang penyok pakai ilmu sihir. Beneran? Kok serem ya?

Ternyata, ketok magic itu hanya sebuah sebutan aja jek!, nggak ada ilmu sulapnya David Copperfield, apalagi ilmu hitamnya mbah dukun. Nggak percaya? Nih Pakde Supar, yang udah lebih dari 30 tahun usaha di bidang ketok magic di bilangan Jalan Saharjo, Jakarta Selatan ini.

"Jadi kalau sekarang, ketok magic itu memang nggak ada magicnya. Itu hanya murni teknik mengembalikan posisi bodi mobil hampir seperti aslinya. Nggak ada tuh, yang namanya pakai sihir, kalau jaman saya SD itu memang ada, tetapi hal itu udah nggak ada lagi saya rasa," ungkap empunya bengkel Ketok Magic 22.

Percaya nggak percaya, kebanyakan bengkel ketok magic itu asalnya dari kota Blitar, lho. Dan Pakde Supar yang emang asli Blitar, Jawa Timur ini juga bilang, waktu awal beliau kerja di bengkel ketok magic itu, memang harus ditutup. Ini ijuga yang bikin stigma bengkel ketok magic memakai ilmu sihir.

Padahal, saat pelanggan maupun orang lain nggak boleh melihat mobilnya saat dikerjakan, itu semata biar nggak dicontek aja. Makanya, tiap bengkel ketok magic punya cara yang berbeda untuk membetulkan bodi mobil yang penyok.

Nggak cuma soal takut dicontek aja, nyatanya bagi beberapa tukang ketok magic juga merasa risih dan terganggu ketika pelanggan selalu membuntuti dan mengomentari pekerjaannya. Ini lantaran pekerjaan ketok magic selain punya keahlian khusus, juga nggak boleh diganggu.

"Memang pekerjaan Ini perlu ketelatenan, dan fokus. Jika diganggu bisa berantakan hasilnya. Misalkan tukang lagi mengerjakan, terus diajak ngomong bisa-bisa pekerjaannya berantakan, yang tujuannya untuk mengembalikan bodi mobil seperti semula, eh malah tambah penyok," tutup pria yang udah berumur 59 tahun ini.

Jadi, pekerjaan sebagai tukang ketok magic itu nggak sembarangan, butuh keahlian khusus dan tentunya ketenangan. Namun, hal tersebut yang bisa membuat mobil penyok, jadi mulus lagi. Its like a magic!

Baca Juga

Males Ke Bengkel? Pake Aplikasi Otomontir Aja, Guys!

Editor : Hai Online

Latest