Follow Us

Simpen Aja Uang Lo Buat Jalan-Jalan. Tanpa Bimbel Pun Kita Bisa Sukses di Akademis. Dijamin!

Rizki Ramadan - Selasa, 23 Agustus 2016 | 06:47
Tanpa Bimbel, Belajar Sendiri Pun Bisa bikin kita berprestasi
Rizki Ramadan

Tanpa Bimbel, Belajar Sendiri Pun Bisa bikin kita berprestasi

Kalau udah masuk tahun ajaran baru gini, temen-temen kita yang kelas XII pasti sibuk banget bimbel. Susah diajak main! Saban hari ada aja deh jadwal bimbelnya. Katanya sih, mereka mau mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional dan seleksi masuk PTN. Katanya lagi, dengan ngikut bimbel, mereka bakal dikasih cara cepat memahami materi dan menyelesaikan soal. Pokoknya kalau nggak ikut bimbel, mereka insecure gitu.

Padahal kan kita bisa belajar sendiri tanpa ikut bimbel apapun. Dan faktanya, banyak tuh temen-temen kita yang nggak daftar bimbel tapi prestasi akademisnya tetap melejit. Pun, ada juga yang bisa lolos PTN tanpa ikut bimbel intensif.

Andara dan Dio contohnya, temen kita dari SMAN 100 Jakarta ini nggak pernah ikut bimbel sekalipun. Tapi, mereka langganan rangking sepuluh besar tuh. Mereka juga yakin kalau bakal bisa dapet kampus keren nantinya. Sementara Andara mantep pengen masuk PTN, Dio optimis pengen ngejar kuliah di luar negeri.

“Gue udah bosen menghirup karbondioksidanya Jakarta, pengen keluar negeri,” kata cowok yang pede bakal masuk jurusan Komunikasi itu.

Fatiha Nurul, temen kita dari SMAN 68 Jakarta yang ogah ikut bimbel pun yakin kalau dirinya nanti bisa mencapai mimpi yang sama tinggi.

“Kalau gue pengen apply ke Leiden University, Belanda dalam waktu dekat. Kalau nggak diterima, gue ngincer Hubungan Internasional Universitas Indonesia,” kali ini cewek yang pernah ikut jadi exchange student di negaranya Obama. Di sekolah, nilainya pun selalu aman dan nggak jarang di atas rata-rata.Apalagi untuk sejarah, matematika dan geografi.

“Bimbel itu selain mahal, menghabiskan waktu. Mending dipakai untuk istirahat dan belajar sendiri. Ya kali kita nggak bisa belajar sendiri. Hehe,” ujar Fatiha.

Ya, biaya dan waktu.Dua ongkos bimbel itu emang berharga banget sih.Perlu perhitungan untuk mengeluarkannya.Apalagi kalau kita bukan anak satu-satunya di keluarga, kayak yang dialami Dio.

“Gue, kan, anak pertama. Masih ada adik-adik gue.Jadi gue milih untuk nggak bimbel deh. Biar uangnya bisa dipakai untuk mereka,” kata cowok pehobi musik ini.

Belajar Mandiri

Pernah denger pribahasa “guru kencing berdiri, murid kencing berlari”?Sebenernya, peribahasa itu bisa ditambahin. Jadi gini: “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Otodidak kencing menari”

Ya, kalau murid belajar mengikuti gurunya sebatas bisa berlari, mereka yang otodidak belajar sendiri bisa punya caranya sendiri. Mereka menari! Out of the box tapinggak kalah keren.

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular