Follow Us

Jangan Bingung-bingung, Ini Dia Bedanya Film Tiga Dara dengan Ini Kisah Tiga Dara

- Sabtu, 20 Agustus 2016 | 04:05
Shanty Paredes, Tara Basro, dan Tatyana Akman beraksi di film Ini Kisah Tiga Dara
Hai Online

Shanty Paredes, Tara Basro, dan Tatyana Akman beraksi di film Ini Kisah Tiga Dara

Kalo lo ngikutin perkembangan industri film Tanah Air belakangan ini, lo pasti udah familiar sama dua judul film ini: Tiga Dara dan Ini Kisah Tiga Dara. Yap! Dua film ini emang lagi cukup rame diomongin. Sayangnya, masih banyak yang nggak tau perbedaan dari kedua film itu. Makanya, nih HAI sajikan khusus perbedaan film Tiga Dara dan Ini Kisah Tiga Dara. Simak, bro, ini dia, bedanya film Tiga Dara sama Ini Kisah Tiga Dara!

Film yang judulnya cuma ‘Tiga Dara’ ini merupakan salah satu film karya Bapak Perfilman Nasional, Usmar Ismail. Dibuat tahun 1956 dan tayang pertama kali tahun 1957. Nah, film yang diperankan oleh Almh. Chitra Dewi, Mieke Widjaja, dan Indriati Iskak ini bercerita tentang tiga orang saudara perempuan bernama Nunung, Nana, dan Nenny yang tinggal bersama nenek dan ayah mereka. Lantaran Nunung udah berusia sangat matang dan mestinya (waktu itu) udah dinikahkan, neneknya yang diperankan oleh Fifi Young ribut mencarikan jodoh. Kisah cinta dibalut komedi musikal pun jadi unsur yang kental dalam film yang sempat merajai bioskop selama 8 minggu berturut-turut di eranya ini.

Baca juga: 4 Alasan Kita Harus Nonton Tiga Dara Hasil Restorasi 4K

Kemudian, berhubung kondisi dari seluloid film Tiga Dara ini udah sangat menyedihkan, munculah inisiatif dari beberapa pihak untuk merestorasi film ini menjadi format digital 4K. Prosesnya dilakukan selama kurang lebih 17 bulan, oleh SA Films yang bekerjasama dengan PT Render Digital Indonesia. Per tanggal 11 Agustus kemarin, film warna hitam putih hasil restorasi 4K ini pun diputar di beberapa layar bioskop Indonesia.

Baca juga: Ternyata, Ada Emosi Di Balik Restorasi Film Tiga Dara dan Bikin Geregetan, Bro!

Jadi, kalo ada yang nanya, film Tiga Dara itu film apa? Ya, film itu film jadul, yang ceritanya masih bagus dan keren kalo ditonton sekarang. Apalagi, dalam format 4K.

Baca juga: Begini Kisah Panjang Restorasi 4K Film Tiga Dara

Sementara itu, Ini Kisah Tiga Dara merupakan film tahun 2016 yang memang terinspirasi dari Tiga Dara. Jadi sama sekali bukan remake, karena karakterisasi tokohnya beda, latar tempat dan waktunya juga beda. Tapi, masih ada benang merahnya. Yakni cerita tentang tiga orang saudara, Gendis (Shanty Paredes), Ella (Tara Basro), dan Bebe (Tatyana Akman). Ada kisah cintanya, ada komedinya, dan yang pasti, unsur musikalnya juga kental. Inisiatif untuk bikin film baru yang terinspirasi dari Tiga Dara ini pun datang dari SA Films yang kemudian menggaet Nia Dinata sebagai sutradara. Film ini pun langsung diproduksi oleh SA Films, bekerjasama dengan Kalyana Shira Films.

Sutradaranya, teh Nia, bilang kalo film ini justru ingin merepresentasikan perempuan zaman sekarang. Makanya, penokohannya dibedakan dengan film terdahulu. Untuk soundtrack-nya sendiri juga beda. Kalo peluncuran film restorasi Tiga Dara diiringi oleh lahirnya album aransemen ulang original soundtrack-nya Tiga Dara, maka Ini Kisah Tiga Dara didampingi oleh album soundtrack dengan lagu-lagu baru. Ya, meski ada beberapa lagu yang sama antara album soundtrack Tiga Dara dan IKTD, tapi penyanyinya beda-beda, bro! Oh iya, di album soundtrack Ini Kisah Tiga Dara, Tara Basro dan Tatyana Akman bakalan menyumbang suara juga!

Terakhir, kalo film Tiga Dara hasil restorasi 4K ini warnanya masih hitam putih, menyesuaikan dengan tampilan asli film jadulnya, maka film Ini Kisah Tiga Dara sama sekali nggak hitam putih. Menyesuaikan juga dengan perfilman masa kini.

So, udah dapet poin perbedaan Tiga Dara dengan Ini Kisah Tiga Dara, kan? Sekarang saatnya kita nonton keduanya. Eits, kalo yang Ini Kisah Tiga Dara sih tayangnya masih 1 September nanti. Catet, sob!

Editor : Hai Online

Latest