Follow Us

Siapa yang Lulusan SMK? Nih Ada Peluang Kerja Jadi Montir di Aplikasi Otomontir

- Selasa, 23 Agustus 2016 | 07:00
Aplikasi Otomontir mencari lulusan SMK untuk jadi tenaga montir
Hai Online

Aplikasi Otomontir mencari lulusan SMK untuk jadi tenaga montir

Aplikasi Otomontir garapan PT Otomontir Kreasi Indonesia yang bernaung di bawah Otomotif Group Kompas Gramedia ini, baru aja dirilis bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-71 kemarin.

Konsepnya menjawab masalah banget sih. Buat yang males ke bengkel, tinggal unduh aja aplikasinya dari Google PlayStore, duduk manis di rumah dan montirnya akan datang. Servis yang akan diberikan untuk saat ini adalah ganti oli dan pengecekan standard.

Nah, kerennya, montir yang datang itu mungkin teman-teman lo juga nih! Soalnya Otomontir merekrut lulusan SMK jurusan otomotif untuk jadi tenaga montirnya. Berarti, untuk lulusan SMK, ini peluang kerja yang oke, lho!

Tapi tentunya sistem perekrutannya nggak gampang. Calon montir harus melewati sejumlah tes terlebih dulu. “Jangan kira mengganti oli itu gampang. Keliatannya aja mudah, tapi kalau mengikuti standard-nya susah banget dipraktekan. Terbukti, banyak calon yang gugur di tes praktek ganti oli ini,” ungkap Dhany Ekasaputra, Manager Operational, PT Otomontir Kreasi Indonesia.

Mau tau apa aja proses seleksinya? Nih dia:

Tinggal tunggu, montir otomontir nyamperin kita.
Tes Bidang

Untuk bisa lolos tes dan masuk menjadi montir Otomotir, kalian bakal dilihat nih seberapa mengerti soal otomotif. Misalnya aja tentang perawatan berkala mesin berkendaraan dengan baik seperti apa. Selain mengerti soal otomotif, hal lain yang dinilai adalah seberapa besar minat kalian sob terhadap dunia otomotif. Jangan sampai kalian mempunyai minat yang cuma setengah-setengah aja bro!

In Class Training

Tujuan dari seleksi kedua ini adalah untuk mengetahui seberapa dalam pengatahuan otomotifnya. Contohnya seperti penggantian oli mesin, plus pemeriksaan gratis pada sistem rem, kelistrikan, lampu kendaraan, pendinginan mesin, kondisi ban, dan saringan udara bro.

Ini dia tampilan montir Otomontir
Praktik Lapangan

Nah, penilaian terakhir ini bertujuan guna melihat kinerja kalian bro di lapangan. Pada dasarnya tugas montir sesuai dengan ketersediaan layanan Otomontir yang saat ini berupa penggantian pelumas kendaraan. Tapi, montir juga kudu memberikan pelayanan seperti pengecekan kelayakan spare part kendaraan. Soalnya, hal itu bertujuan sebagai saran dan rekomendasi buat konsumen sob agar memperhatakan kendaraanya lebih lanjut. Selain itu, montir juga dilarang bro menerima atau meminta tip dalam bentuk apapun dari konsumen.

Nah, ketiga penilaian tersebut sebenarnya penilaian standard. Penilaian lain yang nggak boleh dicuekin adalah sikap dan kredibilitas sebagai montir yang baik. Percuma kalao jago secara teknis, tapi nggak punya sikap yang baik, pasti akan mengurangi penilaian.

Tertarik nyoba? Buruan deh kirim surat lamaran dan ijazah ke otomontir@gmail.com (Christoforus R)

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest