Follow Us

Ini Alasan Rich Chigga Disebut Overrated di We The Fest 2016

Salman Achmad - Minggu, 14 Agustus 2016 | 15:04
Rich Chigga Tampil di We The Fest 2016
Salman Achmad

Rich Chigga Tampil di We The Fest 2016

“Macklemore & Ryan Lewis perform today. But I Know you all want to F**king watch me in here,” ujar Rich Chigga, di sela-sela ia performnya pada hari Sabtu (13/8) di pagelaran We The Fest 2016, Parkir Timur Senayan, Jakarta. Rapper yang masih berumur 16 tahun ini, menjadi viral beberapa saat lalu lewat video musiknya yang bertajuk Dat $tick, yang di view lebih dari 10 juta viewers. Dan kemarin, ia mencoba membuktikan kualitasnya sebagai Rapper.

Dalam video musik tersebut, Ia meraup total viewers yang fantastis. Apalagi terhitung dia bukan seorang artis ataupun youtubers kondang. Namun, aksi ia nge-rap di video musik tersebut mengundang rasa ketertarikan semua orang. Memang anak yang satu ini agak jumawa seperti kutipan yang di atas. Bisa saja, aksinya yang penuh jemawa seperti itu adalah sebuah gimmick yang coba dikemas.

Baca Juga: Ah, Andai Penampilan Rich Chigga di WTF 2016 Keren Banget.

Kalau pun ia jumawa, itu pun merupakan sesuatu hal yang wajar. Toh dia sudah direview oleh beberapa rapper luar, seperti Desiigner, Ghostface Killah dan Tory Lanez. Serentetan pujian dan ungkapan kagum terlontar dari mereka, atas bakat yang dimiliki oleh Brian Immanuel, nama asli dari Rich Chigga.

Untuk seukuran rapper sekelas Rich Chigga dapat main di We The Fest 2016 adalah sebuah anugerah. Bayangkan saja ia satu festival dengan nama-nama beken internasional, seperti Macklemore & Ryan Lewis, The 1975, dan rapper asal Korea CL. Karena ia pun terhitung sebagai performer baru di dunia musik. Apalagi sebagai rapper? Dia hanya berusia 5 bulan. Jadi beruntung ia dapat main di festival sekaliber We The Fest, di mana setiap musisi juga mendambakannya, bahkan musisi yang jauh berkarir di dunia musik ini sebelum dia. Tapi untuk performa? apakah ia layak main di festival We The Fest?

Butuh Latihan Extra

Ketika masuk ke area panggung, nama Rich Chigga terpampang di layar berukuran besar. Dengan microphone yang dilengkapi dengan sebuah Action Cam yang mengarah ke dirinya. Brian pun siap menghujam penonton dengan performannya. Penampilannya pun terbilang nyentrik, dengan memakai celana pendek dan sebuah kaos berwarna putih yang bertuliskan Hilary Clinton Thick Af di bagian belakangnya. Yang dicoret dengan sebuah Spidol!

Penampilanya memang penuh kontroversial. Tercatat ia memasukan pembicaraan ranah politik negara paman sam tersebut dalam performanya, dengan berbicara “F**k Donald Trump, F**k Donald Trump!,”. Dengan aksinya yang tengil, sebagian penonton ada yang bertepuk tangan dan ada pula yang ikut mengucapkan kalimat tersebut.

Tapi Rich Chigga terlihat sekali kalau ia nggak kuat untuk bernyanyi. Karena ada beberapa bagian lagu yang ia lewatkan. Bahkan temponya pun juga salah. Nafasnya terengah-engah membuat penampilannya kurang maksimal. Terhitung di mana ia tampil baik adalah di lagu Living The Dream dan Dat $tick, Selebihnya ya biasa saja. Tapi apabila dibandingkan dengan penampilannya di SCBD pertama kali, jelas lebih baik, bahkan jauh lebih baik.

“Yah namanya juga rapper yang terkenal di dunia maya, jadi gitu deh performanya,” ujar Faiz salah satu pengunjung We The Fest, yang juga menyaksikan Rich Chigga.

Penampilan dari Rich Chigga memang sesuatu hal yang ditunggu-tunggu, karena semenjak menjadi pembicaraan di dunia maya. Hanya satu hal yang ditunggu setiap orang pada saat itu, yakni kualitas yang sejalan ketika perfom. Adapun kalau ia tampil secara tengil, tapi nggak dibarengin sebuah skill. Itu menjadi sesuatu hal yang bernilai nihil. Ya nampaknya Brian butuh latihan extra untuk ini semua agar menjadi rapper, maklum ia masih berumur 16 thaun Atau memang dia salah seorang bocah yang masuk dalam kategori Overrated?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest