Follow Us

Dengan Alat Ini, Main Pokemon Go Jadi Makin Spektakuler

Alvin Bahar - Senin, 18 Juli 2016 | 10:30
Pokemon Go lewat teknologi Hololens
Alvin Bahar

Pokemon Go lewat teknologi Hololens

Menangkap Pokemon udah bukan mimpi lagi. Gara-gara Pokemon Go, kita bisa mewujudkan cita-cita kita untuk jadi yang terbaik seperi Ash Ketchum. Teknologi augmented reality-lah yang membuat Pokemon Go digandrungi. Soalnya, kita harus berjalan kesana-kemari menelusuri kota demi menemukan Pokemon favorit. Pokoknya, asik abis.

Namun, teknologi augmented reality sebenarnya nggak canggih-canggih amat. Interaksi kita dengan si monster yang ada di Pokemon Go cuma terbatas. Si monster cuma muncul aja di layar, nggak merhatiin permukaan tempatnya muncul. Ia bisa muncul di kepala orang di depan kamu, depan laptop kamu, atau malah Pokemon jenis api muncul di perairan.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan advanced AR hardware. Dengan alat tersebut, para Pokemon bisa berinteraksi dengan obyek-obyek di sekitarnya. Pokoknya, realita dengan dunia game bercampur aduk.

Salah satu teknologi buat menyempurnakan game berbasis augmented reality tersebut adalah Hololens keluaran Microsoft. Hololens adalah kacamata masa depan buatan Microsoft yang menggunakan teknologi augmented reality untuk menggabungkan gambar imajiner dengan penglihatan seseorang.

Dengan teknologi tersebut orang bisa melihat informasi yang ditampilkan di lensa dalam bentuk hologram. Misalkan, seorang arsitek sedang merancang gedung, menggunakan kacamata ini dia bisa melihat rancangannya dalam bentuk hologram tiga dimensi. Kacamata ini ditenagai sebuah prosesor baru yang disebut holographic processing unit.

Hololens juga dibekali sensor untuk mendeteksi dunia nyata, gestur pengguna, juga suara holografis. Kacamata ini tanpa kabel, bisa digunakan tanpa harus terhubung ke komputer.

Microsoft juga mengumumkan HoloStudio, sebuah software development tools yang dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi hologram. Windows 10 memang sengaja dibuat mendukung teknologi ini. Di dalamnya terdapat application programming interface (API) khusus untuk tujuan tersebut.

Pertanyaannya, apakah Pokemon Go bisa bekerja dengan Hololens atau advanced AR hardware? Jawabannya: Iya. David Robustelli, salah satu petinggi Capitola, pengembang Oculus Rift dengan teknologi Hololens, memposting video saat ia memainkan Pokemon Go dengan Hololens di Twitter.

Seperti yang kamu lihat di atas, para Pokemon terlihat lebih hidup. Nggak ada Pokemon yang sembarangan nongkrong di tempat yang nggak seharusnya. Mereka pun bisa bergerak-gerak layaknya makhluk sungguhan. Nangkep Pokemon pun tinggal menggunakan jari saja

Selanjutnya, tinggal nunggu pengembang Pokemon Go bekerja sama dengan mereka aja. Setuju kan?

Source : Hai Online

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest