Follow Us

Main Gadget di Kegelapan Bikin Buta 15 Menit

- Selasa, 28 Juni 2016 | 08:00
udah tahu kan cowok ini lagi ngapain?
Hai Online

udah tahu kan cowok ini lagi ngapain?

Pengen merasakan buta selama 15 menit? Biasakan saja bermain smartphone sambil berbaring di tempat tidur pada malam hari atau tanpa menyalakan lampu kamar. Ya, kebiasaan ini ternyata bisa mendatangkan bahaya pada kesehatan mata.

Kondisi tersebut udah terjadi pada dua perempuan asal Inggris dan Asia, yaitu usia 22 dan 40 tahun, yang mengaku kehilangan penglihatan sementara, usai melihat smartphone mereka sebelum berangkat tidur.

Mereka mengaku buta setidaknya selama 15 menit setelah memainkan smartphone dalam kamar yang gelap sambil berbaring menunggu kantuk.

Untuk menjelaskan kasus tersebut secara detail, dokter dan peneliti menerbitkannya Kamis lalu dalam New England Journal of Medicine.

Usai dua orang itu mengeluhkan kehilangan penglihatan sementara hingga 15 menit, mereka diminta menjalani serangkaian pemeriksaan medis, scan MRI, dan tes jantung.

Namun, dokter tidak menemukan sesuatu yang salah dengan kesehatan dua orang tersebut. Tetapi, ketika pasien dibawa ke kantor spesialis mata, misteri itu mulai terpecahkan.

"Saya hanya bertanya kepada mereka: Apa yang sebenarnya kamu lakukan ketika kebutaan terjadi?” kata Dr. Gordon Plant dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London.

Dia menjelaskan bahwa dua perempuan tadi kerap melihat smartphone dengan posisi miring.

Sehingga tanpa sadar hanya menggunakan satu mata—sebab mata yang lain tertutupi oleh bantal—saat melihat smartphone di kamar tidur yang gelap.

"Jadi hanya satu mata yang disesuaikan dengan cahaya sedang mata lainnya disesuaikan dengan kegelapan," lanjutnya.

Sehingga, ketika smartphone di matikan, salah satu mata yang tadinya melihat cahaya terang dari ponsel, tak dapat beradaptasi langsung dengan kegelapan.

Sehingga mata perlu beradaptasi dengan perubahan dan menyebabkan kebutaan untuk sementara.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest