Follow Us

5 Kerusakan Dasar Komputer dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

Alvin Bahar - Rabu, 20 April 2016 | 03:00
5 Kerusakan Dasar Komputer dan Cara Mudah untuk Mengatasinya
Alvin Bahar

5 Kerusakan Dasar Komputer dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

Sebagian besar pengguna PC (desktop atau laptop) tentu pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan, mulai dari terkena virus hingga layar retak. Hal-hal kayak gini memang kerusakan dasar komputer dan cara mengatasinya sebenarnya mudah.

Layaknya keadaan darurat lain, ketika yang semacam ini terjadi, kunci selamatnya adalah jangan panik. Kemudian, kamu bisa melakukan langkah-langkah penanganan pertama seperti yang dirangkum nextren dari PC World berikut:

1 - Layar laptop rusak

Entah karena tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, atau memang sudah waktunya rusak, layar adalah bagian penting yang cukup rentan pada laptop. Apabila layar nggak berfungsi seperti biasanya, yang pertama perlu dilihat adalah komponen apa yang bermasalah.

Jika kerusakan bisa dipastikan berada pada layar (misanya retak), kamu bisa tetap memakai laptop dengan catatan tampilan antarmuka sistem operasi di layar masih bisa dilihat dengan jelas.

Kalau bukan begitu keadaannya, atau jika layar nggak mau menyala sama sekali, cobalah menancapkan monitor eksternal pada konektor display-out di laptop, bisa berupa VGA, DisplayPort, DVI, atau HDMI.

Beberapa laptop memiliki mode external display yang mesti diaktifkan untuk memakai monitor eksternal, biasanya lewat tombol Function.

Apabila memang layar yang bermasalah, maka seharusnya laptop akan bisa menampilkan tampilan display di monitor eksternal. Sebaliknya, kalau layar masih juga gelap, mungkin kerusakan terletak pada bagian lain seperti kartu grafis sehingga harus dibawa ke pusat servis terdekat.

Sedikit sisi “positif” dari kerusakan layar adalah ia nggak harus segera diperbaiki. Kamu bisa saja terus memakai laptop asalkan masih bisa paham dengan tampilan di layar, atau dengan memakai monitor eksternal tadi. Ini sebaiknya hanya dilakukan jika benar-benar terpaksa, seperti jika sedang dikejar deadline skripsi.

Tapi kalau memang ada waktu, sebaiknya jangan menunda perbaikan layar laptop sebelum kerusakan bertambah parah.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest