Follow Us

Berminat Jadi Pebalap F1? Hafalkan 18 Tombol di kemudi Ini

- Minggu, 20 Maret 2016 | 02:30
Kemudi mobil F1
Hai Online

Kemudi mobil F1

Ajang balap Formula 1 bukan sekadar sebuah ajang balap mobil biasa. Selain strategi, pebalap pun harus menguasai semua instrumen di mobil, termasuk seluruh fitur yang semuanya menjadi satu kesatuan di lingkar kemudi.

Contoh pada MRT05 yang dikendarai Rio Haryanto, total ada 18 tombol utama. Setiap tombol menandakan fitur yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Pebalap harus bisa menghafal dan mengontrol mobil melalui semua tombol tersebut. Hal ini membutuhkan keahlian tinggi, karena tidak mudah melakukannya saat melaju di kecepatan tinggi.

Bila di jabarkan, 18 tombol tersebut terdiri dari berbagai macam fitur yang mengatur mobil sekaligus sebagai media informasi pebalap.

Infografis setir mobil F1 Rio Haryanto

Berikut 18 tombol fungsi pada kemudi Formula 1.

1. Boost - tombol untuk meningkatkan akselerasi 2. Lap Time - Petunjuk waktu dan putaran/lap 3. Harvest Mengatur jumlah energi saat pengereman 4. Downshift Paddle - menurunkan transmisi 5. Mix - mengatur antra udara dan bahan bakar mesin 6. Bite Point - Sprint awal peluncuran mobil (start) 7. BPF - Bite Point Find, Rekam data instruksi 8. Clutch Paddle 9. BBAL - Mengatur Keseimbangan rem depan dan belakang 10. Reverse Gear - Gigi mundur 11. Light Shift 12. Limiter - Pembatas kecepatan (pit-lane limit), 62 mph 13. Parameter Engine 14. Upshit Paddle 15. Torque - Menyesuaikan kurva torsi mesin 16. Tyre - Menghitung kecepatan roda 17. Clutch Paddle 18. Differential - Ada 12 pengaturan untuk masuk sudut, titi tengah, dan keluar mobil

Baca Juga:

Jangan Tanyakan Dulu Sebesar Apa Peluang Rio Haryanto di F1

Rio Haryanto Tiba di Australia dengan Ucapan Selamat!

Di Melbourne, Rio Jadi Sasaran Paparazi

Source: Otomania.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest