Follow Us

Clio Tjonnadi: Hobi Ngebut, Nyalip dan Nikung

- Rabu, 16 Maret 2016 | 10:00
Clio Tjonnadi: Hobi Ngebut, Nyalip dan Nikung
Hai Online

Clio Tjonnadi: Hobi Ngebut, Nyalip dan Nikung

Sejak kecil cewek yang punya nama panggilan Clio ini udah tertarik sama dunia otomotif. Papa dan kakeknya yang dulu mengenalkan dia balapan. Saat berusia sembilan tahun, Clio diminta mencoba latihan gokart di Sentul.

“Sekali nyoba langsung senang dan ketagihan minta main terus. Main gokart itu seru karena kerasa kencangnya dibandingkan mobil. Rasanya pas menyalip orang di tikungan itu seru banget. Begitu ngerasain satu kali menang, rasanya pengin menang terus.” Clio beberapa kali ikutan lomba gokart dan memenangkan beberapa di antaranya. Dia sudah mencoba gokart mulai dari kategori paling rendah sampai masuk kategori senior. Akhirnya papanya menawarkan Clio untuk balapan mobil.

“Awalnya kaget juga bawa mobil. Karena gokart tinggal gas dan rem. Sementara balap mobil harus ganti-ganti gigi karena menggunakan mobil manual.” Dia sempat dilatih balap mobil oleh pebalap, Haridarma. Sambil belajar, Clio sudah langsung ikut balapan Honda Jazz. Dia berhasil meraih tempat kedua kelas Rising Star dalam Honda Jazz Challenge di ISOM seri ketiga (2013). Bagi Clio, dibandingkan gokart, balap mobil lebih menantang karena kecepatan mobil lebih tinggi dari gokart. Baca: 5 Pebalap MudaDunia yang Usianya di bawah 20 Tahun!

Penasaran Mesin Mobil

Gara-gara ikutan balap mobil juga, Clio tertarik untuk mempelajari mesin mobil. Dari sana, muncul keinginan Clio untuk serius mengutak-atik mobil.

“Aku jadi penasaran dengan cara kerja mesin berjalan, gimana cara setting mobil agar enak dibawa dan tambah kencang,” jelasnya.

Dari cita-cita ingin menjadi ahli zoologi, Clio pun banting stir ingin menjadi spesialis urusan mobil. Karena Indonesia hanya ada jurusan teknik mesin, padahal yang dia inginkan adalah bidang spesialisasi mobil, akhirnya Clio memutuskan kuliah di The Otomotif College (TOC) Malaysia.

Wow, ambil jurusan itu aja udah keluar dari Zona nyamannya apalagi sampai keluar negeri. Tapi Clip punya alasan tersendiri.

“Tentunya (kampus TOC) selain karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta dan kalau kangen rumah bisa gampang buat pulang,” ucap anak dari pebalap Nicky Tjonnadi tersebut.

Denger-denger, Clio juga mulai konsen dari Gokart ke Motorsport tuh! Wah lanjutkan perjuanganmu, Clio!

Sumber: kaWanku No.06/2016

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest