Follow Us

5 Kejutan Seru di Launching Album Soekamti Day

- Kamis, 18 Februari 2016 | 12:22
Endank Soekamti Rilis Soekamti Day
Hai Online

Endank Soekamti Rilis Soekamti Day

Writer: Rasyid

Trio pop punk kebanggaan kota Gudeg Yogyakarta Endank Soekamti kembali merilis album baru seri ke-7 nya, Soekamti Day. Berbeda dari launching album pada umumnya, kali ini Erix (vokal/bas), Dory (gitar), dan Ari (drum) menggelarnya secara eksklusif di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Selasa malam (16/2) lalu pukul 19.000-22.00 WIB. Dan inilah lima kejutannya!

  1. Erix, Dory, dan Ari Nge-MC
Endank Soekamti Jadi MC
Malam itu ruangan yang digunakan memang nampak minim cahaya dan tanpa set panggung yang lengkap. Bahkan, praduga awal yang mungkin nanti Erix cs bakalan beraksi membawakan lagu-lagu barunya atau live performance khusus pun khayalan belaka. Sebab, malam itu acara launching justru dipandu oleh Erix, Dory, serta Ari. Kompak mengenakan busana hitam formal dikomandoi oleh Erix, tamu undangan yang hadir ataupun yang nonton live streaming pun serasa lebih dekat dengan kawanan Endank Soekamti. Karena terbiasa nge-vlog lewat DOES (Erix) dan Grumpy Kamtis (Dory dan Ari), mereka nampak nggak cannggung walaupun kadang sedikit garing! Hehehe. “Saya kira bakalan perform ternyata malah nge-mc,” komentar salah satu Kamtis Family Jogja bernama Neri yang menonton via streaming dirumah.

  1. Disiarkan Live Streaming
Disiarkan langsung via Soekamti.tv
Mungkin ini salah satu band perdana yang melaunching album barunya menggunakan konsep live streaming. Apalagi channel yang digunakan pun independen yaitu melalui www.soekamti.tv, yang merupakan kolaborasi bersama CloudKilat.

“Sebenarnya ini mimpi kami dari dulu ingin memiliki ruang digital sendiri dalam mengekspose segala hal mengenai Endank Soekamti secara live, dan Alhamdulillah malam mini itu terwujud melalui Soekamti.tv,” papar Erix bangga. Kerennya viewers prediksi awal Erix cs yang hanya berharap 3.000 penonton terpatahkan karena saat itu malah mencapai 63.000 viewers.

“Kami nggak nyangka respon Kamtis Family se-antusias ini,” imbuh Erix kegirangan di atas panggung.

  1. Opening Act dari Jalu TP
Aksi Apik Jalu di Launching Soekamti Day
Salah satu solis Jazz besutan Endank Soekamti bernama Jalu TP pun akhirnya unjuk gigi setelah sebelumnya hanya manggung singkat di Ngayogjazz akhir tahun 2015 lalu. Malam itu, dengan mengenakan busana formal mengenakan jas warna hitam Jalu membuka acara launching tersebut dengan membawakan lagu-lagu lama Endank Soekamti yang telah diaransemen ulang dalam format Jazz.

Salah satunya Bau Mulut yang didendangkan dari album yang juga baru saja rilis dan masuk di Boxset Soekamti Day bernama TAJI. Walaupun sedikit nervous, mantan Kamtis asal Klaten tersebut tetap pede menghibur ratusan penonton yang hadir secara live dan ribuan yang menonton streaming.

“Terimakasih kalian semua yang berkenan datang malam ini ataupun yang menonton secara live streaming di rumah,” repet Jalu disela-sela aksinya.

  1. Nonton Bareng “Ngintip Soekamti Day”
Nonton Bareng Soekamti Day
Kalau di cek ulang memang di channel Youtube Endank Soekamti sendiri nampak sudah jelas dan gamblang kalau saat kawanan Erix cs menggarap album baru ke-7 nya tersebut diupload dalam bentuk web series dan bisa di akses cuma-cuma. Namun, malam itu tamu undangan disuguhkan kembali video Behind The Secene tersebut dengan diedit serta penambahan kometar dari tiap crew Soekamti yang ikut ke Gili Sudak pada Juni 2015 silam.

”Sebenarnya udah nonton sih di web series mereka di Youtube, tapi kemarin pas nonton lagi via streaming jadi salut lagi sama kegigihan mereka pada proses rekamanan outdoor yang dibikin Endank Soekamti,” beber Ridwan yang mengaku sempat mengalami gangguan saat nonton live streaming yang merupakan Kamtis Family asal SMKN 5 Yogyakarta.

  1. Nggak Cuma Launching Album!
Nyanyi Bareng Sampai Jumpa
Yap, band yang berdiri sejak tahun 2001 silam dan penuh segudang ide ini nyatanya emang nggak sekedar menggelar launching album saja malam itu. Selain promo ala sales mengenai boxset seharga Rp. 350.000 berisi 17 lagu berbentu CD, DVD Dokumenter, kaos, sertifikat kepemilikan, gelang, serta komik yang selengkapnya bisa diorder melalui www.belialbumfisik.com., Erix cs juga merilis beberapa karya seru dari Endank Soekamti.

Seperti komik series bulanan Soekamti Day, ekosistem digital bernama Euforia ID, open source album lewat Soekamti Karaoke, kanal live streaming lewat www.Soekamti.tv, dan rencananya akan segera hadir serial animasi anak-anak untuk Kamtis Family bernama Kamtis Babies.

“Semua karya ini semoga menjadi hal yang baru dan bisa dinikmati oleh keluarga Endank Soekamti dan Kamtis Family,” pungkas Erix, yang akhirnya acara launching ditutup dengan menyanyikan Sampai Jumpa diiringi video khusus yang diciptakan untuk kaum tuna rungu.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest