Follow Us

Wow, 2016 Kuliah di Fakultas Kedokteran Unpad Gratis

- Selasa, 26 Januari 2016 | 02:45
Jurusan Kedokteran Kuliahnya Si Mulia
Hai Online

Jurusan Kedokteran Kuliahnya Si Mulia

Kabar gembira untuk kita semua yang niat jadi dokter terbaik Indonesia. Pasalnya Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, mulai tahun 2016 akan membebaskan seluruh biaya pendidikan di Fakultas Kedokteran.

FK Unpad menyediakan sebanyak 250 kursi untuk ditawarkan ke calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

"Kesempatan terbuka bagi siapa saja, kalangan yang mampu secara finansial atau kalangan yang tidak mampu," kata Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad dalam jumpa pers, di Bandung, Senin (25/1) kemarin.

Menurut dia, sampai saat ini pemerintah kabupaten dan kota di Jabar mendukung kebijakan ini. "Mereka akan membiayai semua biaya pendidikan dari awal sampai selesai," ucap Tri lagi.

Meski gratis, ada syarat yang ditetapkan Unpad kepada mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis, yaitu ada perjanjian antara calon mahasiswa dengan Unpad. Isi perjanjiannya kurang lebih menyatakan, ketika lulus nanti para dokter yang kuliah gratis ini wajib mengabdi di wilayah/instansi yang ditentukan. Jika tidak, Rektor berkomitmen tidak akan mengeluarkan ijazahnya.

“Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran,” tegas Rektor.

So, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unpad setelah lulus harus bersedia ditempatkan di daerah yang diminta oleh pemerintah kabupaten/kota di Jabar dong ya!

Selamat berjuang, selamat mengabdi!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest