Follow Us

Tetap Dalam Jiwa Jiplak Lagu Maroon 5? Ini Kata Isyana Sarasvati

Alvin Bahar - Senin, 30 November 2015 | 06:30
Biografi Isyana Sarasvati Cewek Cantik yang Bicara Lewat Musik
Alvin Bahar

Biografi Isyana Sarasvati Cewek Cantik yang Bicara Lewat Musik

Tetap Dalam Jiwa jiplak lagu Maroon 5 - Payphone? Isyana Sarasvati membantah hal itu tuh. Tapi, ia mengaku mungkin mengalami cryptomnesia.

Dalam istilah psikologi, ketidaksadaran dalam membuat karya yang mirip karya lain yang sudah ada dinamakan cryptomnesia.

"Saya sudah buka kembali rekaman ketika workshop lagu itu dibuat, tidak ada satupun yang menyadari atau merasakan adanya 'kemiripan' dengan motif lagu 'Payphone'," terang Isyana melalui e-mail kepada Kompas.com. "Bahkan saya baru sadar ketika ada beberapa kritik, komentar, dan pertanyaan di medsos," sambungnya.

Namun, ia menyatakan, mungkin saja ia terkontaminasi oleh "Payphone" ketika mencipta "Tetap dalam Jiwa". "Saya tidak akan menyangkal bahwa pasti dalam proses kreatif pembuatan komposisi lagu tersebut, ternyata tanpa sadar, saya bukan hanya terinspirasi tapi terkontaminasi oleh motif dari lagu 'Payphone'," tulisnya.

"Itu pun saya sadari setelah berbagai pertanyaan soal tudingan plagiat tadi muncul di media sosial," lanjutnya.

"Andaikan saya menyadarinya lebih awal, pasti dengan segera saya akan mengubah motif tersebut," tekannya.

"Sampai lagu itu dirilis beberapa saat, anehnya saya dan semua yang terlibat tetap tidak menyadari, mungkin ini yang sering disebut sebagai 'cryptomnesia' tetapi secara kolektif," terang Isyana lagi.

"Hal ini memang kerap terjadi, bahkan juga pada sejumlah artis besar kelas dunia, karena proses kreatif senantiasa berangkat dari karya-karya kreatif yang ada sebelumnya, sehingga kemiripan sering tak terelakan," sambungnya.

Penasaran di bagian mana miripnya? Cek halaman berikutnya...

Baca Juga

Tiga Fakta di album Explore! Isyana Sarasvati

Ini Alasan Isyana Sarasvati Masuk Nominasi The Best Fresh Meat HAI Reader's Poll Music Awards 2015

5 Video Isyana Sarasvati Terpopuler

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest