Follow Us

PROYEK PELARIAN SI NOMOR DUA

Eddy Suhardy/Alvin Bahar - Kamis, 03 November 2011 | 07:07
PROYEK PELARIAN SI NOMOR DUA
Eddy Suhardy/Alvin Bahar

PROYEK PELARIAN SI NOMOR DUA

Dari Hai no #1 2007

Setelah lama ditunggu-tunggu, orang nomor dua di Dewa akhirnya keluar juga dari bayang-bayang Dhani. Seterang apakah Andra bisa bersinar lewat mainan barunya?

Kalo nggak ada aral melintang,awal Januari ini bakal rilis proyek solo dari seorang musisi yang lumayan ngetop.Yap. Siapa yang nggak kenal Andra Ramadhan? Gitaris sekaligus personil paling awetnya Dewa 19. Band yang notabene kerap gonta-ganti personil. Agak ngagetin. Mengingat, selama di Dewa, tuh cowok termasuk "aman". Alias nyaris nggak pernah sekalipun keliatan niatnya buat nonjolin diri sendiri. Dia terlihat puas dengan posisinya yang selalu jadi "orang nomer dua" setelah -- siapa lagi, kalo bukan - Ahmad Dhani.

Padahal secara musikalitas, Andra dianggap layak dapat predikat gitaris andal. Musik-musiknya Dewa pun makin paten berkat style gitarannya.Setelah sekian lama jadi bayang-bayang Dhani di band yang ngebesarin namanya itu, baru tahun ini Andra menggeliat. Bareng band proyeknya yang dikasih nama Andra & The Backbone, gitaris ini merampungkan album debut solo-nya yang self-titled. Bisa dibilang, proyek solonya Andra ini! Cukup misterius. Selama ini, nggak pernah kedengaran kalo gitaris Dewa ini nyiapin album solo. Tahu-tahu, udah nongol aja di industri musik. Stt..., sebenernya Hai udah tau lumayan lama kalo gitaris ini ngebet bikin solo album. Malah, dia sempet juga ngobrol kalo mau nyari vokalis yang karakternya ngerock. Tapi, ya cuma selentingan aja. Nggak pernah bener-bener diseriusin.

"Aku ngerencanain bikin album solo ini emang udah lama banget. Kira-kira pas Dewa ngerilis album Bintang Lima. Aku udah bikin beberapa lagu yang emang bukan buat Dewa. Cuma rencanaku belum kesampaian karena kesibukan Dewa. Baru sekarang pas Dewa lagi agak-agak longgar aku bisa konsen ngerjain albumku sendiri bareng band proyekanku ini," kata Andra.

Hmm.., jadi Andra emang masih menomersatukan Dewa. So, jangan sekali-kali percaya sama isu yang menyebutkan Andra udah bosen di band lamanya. Apalagi kalo ada isu seputar keretakan hubungannya dengan Ahmad Dhani.

Ngomong-ngomong, Andra kan gitaris band. Kok milihnya malah bikin side project yang formatnya band juga, sih? Kenapa nggak coba bikin album instrumental model-model Joe Satriani, Steve Vai, atau gitaris ngetop lain?

"Awalnya sih aku kepikiran buat bikin album yang isinya instrumental gitar aja. Tapi ternyata nggak gampang. Susah buat bikin lagu yang gitarnya bernyanyi. Makanya, akhirnya aku putusin pake vokalis," kata Andra.

Tapi jangan salah. Proyek Andra ini nggak sama dengan band-band lain. Sebagai gitaris. Meski nggak berformat instrumental, Andra tetepingin albumnya berorientasi gitar. Makanya, dia mutusin narik satu gitaris lagi buat ngebantuin. Yang kepilih masih orang deket. NamanyaStevie Item, gitaris additional-nya Dewa yang udah kerja bareng Andra sejak tahun 2001. "Aku nyodorin ide album solo ini awalnya ke Tepi (panggilan Stevie, RED). Jadi pas tur Dewa, aku sama Tepi sekalian mulai menggarap musiknya. Lagian aku sama Tepi juga udah cocok, karena udah main bareng di Dewa cukup lama," bilang Andra.

Kelar urusan nyari gitaris, urusan yang nggak kalah penting langsung dimajukan: mencari vokalis. Andra pengen vokalis proyekbarunya ini berkarakter rock. Meski banyak banget vokalis ngerock, rada susah nyari yang karakternya pas di hati Andra. Kabarnya, Andra sempet ngajakin Ariyo Wahab latihan. Kualitas vokalnya jelas oke.

Tapi. karakter suaranya kurang cocok. Baru di pertengahan 2006 lalu, mulai ada titik cerah. Secara nggak sengaja. Andra ketemuan sama Dedy. yang nggak lain adalah wartawan di majalah kesayangan kamu ini. Asal tau aja, sebelum berkarir sebagai wartawan, Dedy sempet berprofesi sebagai vokalis band kafe. Dia juga rajin ngisi vocal guide di beberapa demo lagu-lagunya Ari Lasso dan nama-nama beken lainnya.

Sebenernya, secara personal, Andra dan Dedy udah kenal lama. Cuma waktu itu Andra belum ngeh kalo Dedy punya kemampuan. Baru setelah mulai kontak-kontakan lewat friendster dan mendengar demo vokal Dedy, Andra tertarik buat mengajaknya bergabung di proyek ini."Aku milih Dedy karena karakter vokalnya sesuai dengan lagu yang aku bikin. Aku kan pengen bikin album yang rock banget, sekaligus juga yang ada unsur pop-nya. Vokal Dedy ternyata bisa memenuhi semua kriteria di album aku ini," jelas Andra.

1 2

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest