Follow Us

Public Enemies

Raditya Ayu Kristiadi - Kamis, 02 Juli 2009 | 06:31
Public Enemies
Raditya Ayu Kristiadi

Public Enemies

Tahu band metalcore yang namanya The Dillinger Escape Plan?

Sekedar informasi, Dillinger adalah nama perampok bank di Amerika tahun 1930 yang terkenal karena kelihaiannya meloloskan diri. Baik dari kejaran polisi, maupun dari penjara. Berkali-kali dia dijebloskan ke dalam jeruji, berkali-kali juga dia berhasil lolos. Wajar aja kalo akhirnya banyak orang yang kagum sama escape plan-nya John Dillinger.

Kisah legendaris Dillinger ini diangkat ke layar lebar oleh sutradara langganan nominasi Oscar, Michael Mann (Ali, The Insider, Collateral). Pemainnya pun nggak kalah berkualitas. Ada Johnny Depp yang berperan sebagai Dillinger, Christian Bale sebagai Melvin Purvis, Agen FBI yang bertugas menangkap Dillinger, dan aktris peraih Oscar Marion Cotillard sebagai Billie Frachette pacar Dillinger.

Film yang durasinya lebih dari dua jam ini berjalan dengan alur yang cepat, sehingga nggak ngebosenin. Apalagi dengan banyaknya scene action yang meskipun lumayan sering tapi terimbangi dengan drama dan romantisme yang nggak cengeng.

Christian Bale bermain layaknya Christian Bale di The Dark Knight dan Terminator Salvation. Dingin, misterius, dan macho. Agak membosankan memang, tapi nggak mengganggu. Yang menyenangkan adalah melihat Johnny Depp berakting maksimal tanpa make-up dan kostum 'ajaib'. Lumayan bisa mengingatkan kita pada wajah asli Johnny Depp setelah sebelumnya tampil 'gila' di Sweeney Todd, Pirates of The Carribean, dan Charlie and The Chocolate Factory.

Kalo pun ada satu keluhan, mungkin cuma tentang kuatnya karakter teman-teman komplotan John Dillinger. Selain wajah aktornya cenderung mirip, background dan karakter Nelson, Red, Homer, dan lain-lain kayaknya kurang tergarap dan bisa bikin kita bingung membedakan satu sama lain.

Editor : Raditya Ayu Kristiadi

PROMOTED CONTENT

Latest