Follow Us

Kebakaran Besar Depo Pertamina Plumpang Diduga Akibat Pipa BBM Meledak

Rifka Amalia - Sabtu, 04 Maret 2023 | 09:33
Foto udara pemukiman warga yang terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023).
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

Foto udara pemukiman warga yang terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023).

HAI-ONLINE.COM – Diduga akibat pipa BBM meledak, kebakaran besar terjadi di kawasan Depo Pertamina Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah RT 012 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Jumat (03/03) malam.

Berdasarkan keterangan Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulmarmat), informasi pertama soal peristiwa itu diterima petugas pada pukul 20.11 WIB.

Kompas mencatat bahwa pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah membenarkan insiden yang terjadi.

"Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," ujan unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan, melalui pesan singkat, Jumat (03/03).

Berdasar pantauan Kompas sekitar pukul 23:41 WIB (03/03), api yang melahap sejumlah rumah warga terlihat sudah padam dan tengah dalam proses pendinginan.

“Sudah padam, saat ini sedang pendinginan,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran yang bertugas.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab kebakaran, namun petugas pemadam memastikan sudah mengoptimalkan unitnya ke TKP untuk memadamkan api.

Baca Juga: Pelajar Kelas VI SD Gantung Diri Lantaran Di-bully Tak Punya Ayah

Merujuk salah satu video beredar yang dibagikan oleh warga setempat, kebakaran sempat membuat masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian panik dan berhamburan di jalanan akibat melihat api yang membubung tinggi.

Sebagai informasi, sejauh laporan Kompas pada jam 00:51 WIB (04/02), 16 orang dinyatakan telah meninggal dunia serta 50 orang luka-luka.

Korban tewas telah dimasukkan ke kantong jenazah dan dijejerkan di posko terkait, dan korban luka telah dievakuasi ke Rumah Sakit Koja, Rumah Sakit Tugu, Rumah Sakit Mulya Sari, serta Rumah Sakit Pelabuhan.

Salah satu petugas yang berada di posko tersebut mengatakan bahwa pihaknya terus memperbarui informasi tentang jumlah korban akibat peristiwa itu.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest