Follow Us

Manic Pixie Dream Girl, Punya Sifat Menyenangkan tapi Bahaya

- Kamis, 02 Maret 2023 | 21:00
500 Days of Summer
Dune Entertainment

500 Days of Summer

HAI-ONLINE.COM - Mungkin kalian nggak asing dengan istilah cewe kue, cewe mamba, dan cewe bumi. Tapi tau nggak sih kalian tentang Manic Pixie Dream Girl?

Yap, buat para pecinta film mungkin kalian bakalan nggak asing dengan istilah ini, namun nggak sedikit yang masih asing karena karena istilah baru ini muncul lagi.

Nah, Manic Pixie Dream Girl biasanya digambarkan sebagai cewek dengan kepribadian ceria, menarik, cenderung quirky, punya sudut pandang kehidupan unik, dan suka tantangan.

Baca Juga: Muncul Istilah 'Cewek Mamba', Yaitu Tipe Cewek yang Suka Pake Outfit All Black Kayak Gothic

Gaya berpakaian Manic Pixie Dream Girl juga nggak beda jauh sama cewe kue.

Karakter MPDG

Manic Pixie Dream Girl
Studio Binder

Manic Pixie Dream Girl

Biasanya karakter MPDG ini menjadi sebuah penyelamat protagonis pria dari kehidupan yang membosankan, contohnya seperti Summer dalam film 500 Days of Summer, yang membuat hidup Tom lebih berwarna. Ya walaupun kadang si Tom ada sakit hatinya dikit.

Pada intinya MPDG ini adalah pasangan idaman untuk protagonis cowok dalam film.

Istilah ini awalnya dikenalin oleh salah satu kritikus film bernama Nathan Rabin. Setelah nonton film Elizabethtown (2005) dalam film tersebut dirinya mengamati karakter Claire Colburn yang diperankan oleh Kirsten Dunst.

Rabin menciptakan istilah ini pada tahun 2007 dalam serial kolomnya My Year of Flops yang kemudian dirilis menjadi buku.

“Dunst mewujudkan tipe karakter yang suka gue sebut sebagai The Manic Pixie Dream Girl. Karakter ini hanya ada dalam imajinasi penulis dan sutradara untuk menyelamatkan pria muda merangkul kehidupan dan misteri serta petualangannya yang tak terbatas.” Jelas Rabin dalam kolomnya tersebut.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest