Follow Us

Buku Terbaru Ungkap Kurt Nggak Nulis “Something In The Way” Sendirian

Rifka Amalia - Jumat, 24 Februari 2023 | 19:00
Kurt Cobain /
Sally from Flickr / Greg Prato

Kurt Cobain /

HAI-ONLINE.COM – Dilansir dari Louder (23/02), sebuah buku yang memberikan penghormatan kepada mendiang vokalis Screaming Trees, Mark Lanegan, mengungkapkan bahwa frontman itu ikut menulis “Something In The Way” bareng Kurt Cobain.

Menampilkan lebih dari 20 wawancara dengan kolaborator, teman, dan fans, buku yang berjudul “Lanegan” tersebut ditulis oleh Greg Prato, yakni seorang jurnalis yang berbasis di Kota New York.

Wafat di tahun lalu pada usia 57 tahun, Lanegan yang juga anggota dari Queens of the Stone Age, disebut berteman dekat dengan vokalis Nirvana, Cobain, yang meninggal di usia 27 tahun pada tahun 1994.

Mark Lanegan (02/04/2012).
Teresa Sedó

Mark Lanegan (02/04/2012).

Baca Juga: Personel Nirvana yang Tersisa Menerima Penghargaan Grammy 2023

Dalam buku Prato, Nick Oliveri selaku mantan teman satu band dari Queens of the Stone Age, mengungkapkan bahwa Lanegan ikut membantu Cobain untuk menulis beberapa lirik dalam “Something In The Way” milik Nirvana, yang kemudian muncul di album hit “Nevermind”.

“Mark mengatakan bahwa dia menulis beberapa lirik bareng Kurt di ‘Nevermind’, tapi Kurt juga bermain dalam beberapa lagu solo Mark di album ‘The Winding Sheet’,” ungkap Oliveri.

“Jadi, alih-alih dibayar, mereka cuma melakukan hal ini di mana, ‘Hey man! gue menambahkan lirik di lagu lo, dan lo menambahkan lirik di lagu gue. Kita sebut itu aja. Apapun yang terjadi, terjadilah’,” tambahnya.

Oliveri juga nambahin bahwa Lanegan sempat semacam menyesali hal itu.

"Sedikit yang Mark tahu, kalau dia punya publishing dalam ‘Something In The Way’ dari Nevermind, dia bakal punya banyak uang.”

“Gue ingat dia sedikit menendang diri sendiri tentang hal itu. ‘Kalau aja gue punya publishing Something In The Way’,” ungkap Oliveri.

Buku ini juga menampilkan wawancara bareng guitarist Gary Lee Conner dari Screaming Trees, guitarist Kim Thayil dari Soundgarden, serta mantan drummer Nirvana, Chad Channing.

Karya “Lanegan” oleh Greg Parto bisa di akses lewat www.amazon.com atau klik di sini. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest