Follow Us

Jarang Dipake, Aplikasi PeduliLindungi Diganti Nama & Fungsinya

Al Sobry - Rabu, 22 Februari 2023 | 13:00
Jarang Dipake, Aplikasi PeduliLindungi Diganti Nama & Fungsinya

Jarang Dipake, Aplikasi PeduliLindungi Diganti Nama & Fungsinya

HAI-Online.com – Siapa di sini yang masih menyimpan Aplikasi PeduliLindungi di smartphone-nya? Mungkin sebagian maish menyimpan untuk berjaga-jaga jika di suatu tempat masih dibutuhkan, namun sebagian lainnya sudah meninggalkan aplikasi ini.

Apalagi sejak PPKM resmi dicabut di Indonesia, sebagian orang sudah mulai jarang memakai aplikasi berwarna biru putih tersebut.

Walau pandemi Covid-19 belum secera resmi beres, dan penggunaan masker di tempat umum sudah tidak diwajibkan lagi_kecuali di transportasi umum dan tempat-tempat tertentu_ penggunaan aplikasi PeduliLindungi sudah tidak banyak diindahkan lagi oleh kebanyakan kita.

Lantas, bagaimana kedepannya, apa fungsi aplikasi ini akan tetap harus dipakai? Dan bagaimana dengan nasib data di aplikasi PeduliLindungi nantinya?

Baca Juga: Main esports Bikin Pelajar Punya Emosi dan Semangat yang Lebih Baik

Soal itu semua, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan pihaknya akan segera mengganti aplikasi PeduliLindungi,

Disebutkannya, PeduliLindungi akan segera diganti menjadi aplikasi bernama Satu Sehat.

"Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi satu sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari," kata Setiaji di Jakarta.

Satu Sehat untuk Apaan?

Platform ini masuk ke dalam bagian layanan kesehatan Indonesia atau Indonesia Health Services (IHS). Platform HIS ini akan bernama Satu Sehat yakni sebuah platform yang akan menyediakan integrasi data dan menyajikan berbagai macam data kesehatan masyarakat, mulai dari rekam medis hingga resume medis dari berbagai macam standarisasi menjadi satu kesatuan yang seragam dalam format dan protokol pertukarannya.

Satu Sehat ini bermanfaat untuk menunjang layanan kesehatan dan menghubungkan antar layanan kesehatan di seluruh Indonesia, sehingga diharapkan dapat mempermudah masyarakat dan tenaga medis dalam mendapatkan optimalisasi layanan kesehatan.

Kemenkes juga menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir masalah kebocoran data, karena pada dasarnya secara teknik platform integrasi ini mengikuti prinsip yang sudah lama dibangun dan diterapkan dalam sistem keuangan, di mana pengguna antar bank berbeda dapat dengan mudah mengakses tanpa khawatir kebocoran data.

Baca Juga: Mengenal Istilah Red Flag, Yellow Flag dan Green Flag dalam Hubungan, Tanda Buat Apa?

Dalam platform IHS, Satu Sehat ini memiliki data keamanan yang akan didukung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia.

Jadi pembaruan PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile, artinya bakal dimanfaatkan lebih luas lagi kegunaannya.

Setiaji menjelaskan aplikasi ini dirancang tidak untuk Covid-19 saja, tapi seluruh penyakit juga akan ada di sana. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular