Follow Us

Alasan Kenapa Vinyl Records Kembali Populer, Ada Pengalaman Pribadi Salah Satunya

Rifka Amalia - Sabtu, 18 Februari 2023 | 19:04
Album vinyl records.
Elberth 00001939

Album vinyl records.

HAI-ONLINE.COM – Dalam beberapa tahun terakhir khususnya sejak 2020 lalu, lo ngerasa nggak sih kalau rekaman vinyl kembali populer di industri musik?

Ciao Amore mencatat bahwa meski seharusnya sudah punah, namun penjualan vinyl kini terus meningkat selama 13 tahun terakhir.

Nggak lagi dikaitkan sama seseorang yang paruh baya, kini piringan hitam banyak dikonsumsi oleh Milenial serta Gen Z. Banyak kaum muda yang saat ini jadi tombak kelahiran kembali atas media vinyl secara modern.

Bahkan akhir-akhir ini, toko kaset terlihat bermunculan di mana-mana, dan banyak artis terkenal mulai merilis karya mereka dalam bentuk vinyl.

Montreal Concert Poster Archive
Baca Juga: Courtney Love: Cuma Lana Del Rey dan Kurt Cobain yang Pantas Disebut Jenius Musik

Secara singkat, vinyl sebenarnya adalah sebuah bentuk catatan rekaman yang di-pressed ke dalam sebuah piringan.

Dipatenkan oleh Léon Scott pada 1857, vinyl telah eksis selama lebih dari seratus tahun dan menjadi pemutar musik populer pada tahun 1950-an, hingga kemudian pada 1970-an vinyl menjadi format standar untuk rekaman musik.

Meski kehadirannya sempat tergantikan oleh format digital, kini rekaman vinyl mengalami kebangkitan popularitas karena suaranya yang dirasa lebih hangat, ditambah nuansa nostalgia yang mereka berikan.

Tapi, apa sih yang bikin orang-orang seneng sama vinyl dan bikin mereka populer lagi?

Tentunya, ada beberapa alasan kuat yang bikin alat pemutar tradisonal ini jadi booming lagi. Mengadaptasi dari artikel Ciao Amore, inilah 4 alasan yang bikin vinyl kembali laris di pasaran!

Vinyl jadi sebuah media fisik untuk mendengarkan musik

Meskipun saat ini kita punya persediaan musik yang hampir nggak ada habisnya melalui streaming digital, vinyl tetap menjadi media fisik buat menikmati musik.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest