Follow Us

Jomblo Jangan Sedih, Love Language Bisa Dipraktekin ke Diri Sendiri

Al Sobry - Selasa, 14 Februari 2023 | 10:17
Jomblo Jangan Sedih, Love Language Bisa Dipraktekin ke Diri Sendiri

Jomblo Jangan Sedih, Love Language Bisa Dipraktekin ke Diri Sendiri

HAI-Online.com - Selain ke pasangan kekasih, sahabat dan keluarga, ternyata love language bisa juga dipraktikkan ke seseorang yang paling dekat dengan kita yaitu diri sendiri. “Ini adalah bagian terpenting dari bahasa cinta, penting mengenal diri, dan lima love language itu sangat bisa bahkan harus kita terapkan ke diri sendiri,” ujar Irma dikutip HAI dari KompasTV, Selasa (14/2/2023).

Psikolog mitra profesional di Lembaga Psikologi Terapan UI itu, menyebut banyak orang yang terkadang lupa untuk mencintai dirinya sendiri sebelum memberi cinta kepada orang lain.

Setidaknya ada lima jenis love language yang dimiliki tiap orang, yaitu physical touch (sentuhan fisik), words of affirmation (kata-kata penegasan), quality time (waktu berkualitas), receiving/giving gift (menerima/memberi hadiah), serta act of service (pelayanan).

Nah, biar nggak bingung gimana cara menerapkan love language ke diri sendiri, psikolog Irma memberi tutorialnya:

1. Physical touch

Kamu bisa mempraktekkan butterfly hug, atau pelukan gaya kupu-kupu di mana seseorang menyilangkan kedua tangan di dada atau pundak untuk memeluk diri sendiri.

Adegan ini sering dipraktikan di film series It's OK Not to Be Okay! Kamu juga bisa melakukan butterfly hug ini yang katanya terbukti memiliki dampak positif ke kesehatan mental seseorang.

“Selain itu sekedar memakai body lotion atau pergi ke spa juga bisa menjadi bentuk love language pada diri sendiri bagi yang punya bahasa cinta physical touch ini, ” ucapnya lagi.

Baca Juga: Love Language Kamu Act of Service Cocok Pacaran Sama Si Receiving Gifts

2. Words of affirmation

Untuk hal validasi diri, setiap hari itu perlu dilakukan untuk penguatan diri kita.

Kamu bisa melakukannya sambil bercermin bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik hari ini, kamu punya bakat dan siap menjadi lebih baik lagi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest