Follow Us

Yayasan WINGS Peduli, UI, dan RSUI Bikin Healing Garden

Alvin Bahar - Kamis, 02 Februari 2023 | 16:50
Yayasan WINGS Peduli, UI, dan RSUI Ciptakan Healing Garden sebagai Taman Penyembuhan Alami
Wings

Yayasan WINGS Peduli, UI, dan RSUI Ciptakan Healing Garden sebagai Taman Penyembuhan Alami

HAI-ONLINE.COM - Woot! Ada kabar keren nih, guys! Yayasan WING Peduli, Universitas Indonesia (UI), dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) lagi bikin taman super cantik dan hijau. Namanya adalah “RSUI WINGS Garden”.

Ini adalah taman penyembuhan yang bertujuan untuk mendukung percepatan kesembuhan pasien dan menjadi tempat yang asik buat para nakes dan keluarga yang berkunjung.

“RSUI WINGS Garden” ini merupakan hasil kolaborasi multisektor yang sangat keren dan diharapkan bisa memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.Menurut Ricky Tjahjono, perwakilan dari Yayasan WINGS Peduli, “Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak strategis untuk menghadirkan sarana penunjang kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dalam hal ini RSUI sebagai salah satu rumah sakit yang mengusung konsep hijau. Di samping itu, inovasi “RSUI WINGS Garden” ini juga diharapkan dapat mendukung fasilitas belajar bagi dokter dan akademisi yang terasosiasi dengan salah satu universitas terbesar di Indonesia, yakni UI.”

Dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh Roger S. Ulrich, seorang profesor arsitektur di pusat penelitian gedung kesehatan, disebutkan bahwa pasien rumah sakit yang dapat menikmati alam, seperti melihat pepohonan serta tumbuhan hijau, membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit.

Hal ini akan mengurangi waktu inap, biaya rumah sakit, meminimalisir rasa stres, hingga evaluasi negatif pada catatan perawat kesehatan.

Makanya, “RSUI WINGS Garden” ini akan dirancang dengan nuansa alam yang restoratif dan nyaman untuk pasien, dengan elemen lanskap yang bikin betah. Bakalan ada bebatuan, aliran air, tanaman kesehatan, aquarium, amphitheater, dan batu alam berpola untuk area terapi. Seru kan!

Direktur Utama RS Universitas Indonesia, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, berkata, “Kami mengapresiasi Yayasan WINGS Peduli karena memiliki spirit yang sama untuk menghadirkan fasilitas pendukung penyembuhan pasien di RSUI melalui healing garden ini. Nantinya fungsi dari RSUI WINGS Garden ini akan diintegrasikan dengan pelayanan perangkat klinik, dokter, hingga tenaga kesehatan yang bertugas di RSUI. Kami juga berharap healing garden yang akan selesai dibangun pada pertengahan Juli 2023 ini, bisa menjadi salah satu inovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat serta ruang terbuka hijau yang nyaman dengan jumlah lebih dari 32.000 tanaman dari berbagai varietas.”

Dengan hadirnya "RSUI WINGS Garden" ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi lain untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengembangan ruang terbuka hijau yang ramah lingkungan. Semoga "RSUI WINGS Garden" dapat menjadi tempat penyembuhan dan juga tempat bersantai bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Ayo kita dukung upaya ini dengan merawat dan memanfaatkan taman penyembuhan alami ini dengan sebaik-baiknya!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest