Follow Us

Great Eastern Life Indonesia Ajak Anak Muda Terapkan Gaya Hidup Bebas Sampah

Fathia Yasmine - Selasa, 13 Desember 2022 | 18:03
Gaya hidup zero waste menjadi salah satu upaya penyelamatan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup.
Shutterstock

Gaya hidup zero waste menjadi salah satu upaya penyelamatan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup.

Hai-Online.com – Sampah masih jadi permasalahan besar di Indonesia. Sampah dari produk sekali pakai seperti botol minuman plastik, kemasan makanan kaleng, dan sampah plastik, membuat kondisi lingkungan memburuk.

Per Desember 2021, sebanyak 31,3 juta ton sampah sudah dibuang oleh banyak orang ke berbagai tempat. Menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIPSN KLHK), jumlah ini akan terus menumpuk jika gaya hidup konsumtif masih dianut banyak orang.

Menyadari fenomena tersebut, Great Eastern Life Indonesia pun berinisiatif untuk mengajak kawula muda mengadopsi gaya hidup tanpa sampah atau zero waste melalui program “Reach for a Greener Tomorrow”. Acara ini dirilis bertepatan dengan World Sustainability Day yang tahun ini jatuh pada Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi GOTWASTE Untuk Olah Sampah Organik

Untuk menjangkau lebih banyak partisipan, Great Eastern Life Indonesia menggandeng tim Saya Pilih Bumi yang merupakan bagian dari National Geographic Indonesia. Kegiatan dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari media sosial hingga melibatkan komunitas.

Melalui Instagram live di akun @sayapilihbumi dan @greateasternid, Great Eastern Life Indonesia juga mengadakan sesi tanya jawab yang dilakukan secara virtual.

Acara yang dikemas dengan tema “Zero Waste for Beginners” ini menghadirkan Head of Marketing Great Eastern Life Indonesia Roy Hendrata dan, Community Officer Saya Pilih Bumi, National Geographic Indonesia Andi Pananrang.

Keduanya berbagi edukasi dan berinteraksi dengan followers melalui Instagram @greateasternid dan @sayapilihbumi tentang langkah mudah untuk memulai gaya hidup zero waste.

Baca Juga: Ada-ada Aja, Balenciaga Bikin 'Kantong Sampah' Paling Mahal di Dunia Seharga Rp26 Juta!

Pada kesempatan tersebut, Roy mengatakan bahwa gaya hidup zero waste dapat dilakukan dengan disiplin mengurangi sampah seminimal mungkin setiap hari. Selain itu, ia juga mengingatkan untuk tidak mengikuti gerakan ini hanya karena faktor fear of missing out atau FOMO.

“Jangan menerapkan gaya hidup zero waste karena ikut-ikutan orang lain. Selain itu, selalu pikirkan manfaat mengurangi sampah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar,” ujar Roy, menurut keterangan tertulis, Selasa (13/12/2022).

Langkah pertama untuk membiasakan zero waste, kata Roy, bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti membawa kantong belanja ketika bepergian, tidak membuang-buang makanan, serta tidak membeli pakaian berlebihan.

Lewat Reach for a Greener Tomorrow, Roy berharap, program ini dapat menyampaikan misi besar Great Eastern Indonesia yakni mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik adalah bagian dari langkah untuk menjadi hebat dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri (Reach for Great).

“Mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik adalah bagian dari langkah untuk menjadihebat dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri,” ujar Roy.

Editor : Hai

Latest