Follow Us

Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi GOTWASTE Untuk Olah Sampah Organik

Tanya Audriatika - Selasa, 15 November 2022 | 07:47
Aplikasi GOTWASTE rancangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Muzaki Kurnianto.
Dok. ITS

Aplikasi GOTWASTE rancangan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Muzaki Kurnianto.

HAI-Online.com - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang aplikasi untuk mengolah sampah organik yang diberi nama GOTWASTE.

Aplikasi ini hasil rancangan Muzaki Kurnianto, mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan ITS.

Pria yang akrab disapa Zaki ini berhasil meraih penghargaan Esai Terbaik dalam The 2nd National Student Leaders on Sustainability Meeting (NSLSM), Kamis (10/11/2022) lalu.

Baca Juga: Sampah Plastik Meningkat Lagi, Galon Guna Ulang Diklaim Membentuk Budaya Reduce dan Reuse di Indonesia

Kegiatan yang diselenggarakan UI GreenMetric bersama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) digelar di Banten dan Untirta sebagai tuan rumahnya.

Dengan tema Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in The Post Pandemic Time, kegiatan yang berfokus pada pengembangan peran dan kontribusi pemuda menjaga dan memelihara keberlangsungan lingkungan.

Zaki mengulik tentang pengolahan sampah pada esai yang dibuatnya. Pemuda asal Mojokerto tersebut memilih subtema pengolahan sampah organik bukan tanpa alasan.

“Kebanyakan orang hanya berfokus pada pengolahan sampah anorganik, padahal potensi reduksi sampah organik juga perlu dikaji,” tutur mahasiswa kelahiran 2001 tersebut, dilansir dari laman ITS.

Berdasarkan urgensi pengolahan sampah organik dan latar belakangnya di Teknik Lingkungan, Zaki memutuskan untuk menggali ide dan inovasi dengan menghadirkan sistem manajemen sampah organik berbasis aplikasi dan internet, GOTWASTE.

“GOTWASTE merupakan aplikasi pengolahan sampah yang terintegrasi dengan budidaya larva Black Soldier Fly (BSF),” ujarnya.

Baca Juga: Cetak Prestasi Tingkat Dunia, Mahasiswa ITS Juara Kompetisi Hacking Internasional

Budidaya larva BSF dipilih karena keefisienan dan keefektifannya dalam mendukung proses pengolahan sampah.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest