Follow Us

Gerakan Menuju Smart City 2022 Lahirkan Sejumlah Inovasi agar Bisa Terintergrasi Dalam Satu Aplikasi

Nana Triana - Jumat, 25 November 2022 | 20:58
Kantor Walikota Payakumbuh

Kantor Walikota Payakumbuh

HAI-ONLINE.COM – Gerakan Menuju Smart City 2022 telah berhasil membimbing 50 kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas (smart city). Salah satunya, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Ada banyak inovasi yang dilakukan Kota Payakumbuh untuk menjadi kota yang cerdas. Misalnya, MY KOPAY, aplikasi untuk menyebarkan informasi terkini yang terjadi di Kota Payakumbuh, seperti aktivitas pemerintah Payakumbuh, kontak dan produk UMKM, lowongan kerja, serta event.

Guna dapat terimplementasi dengan baik, pemerintah Kota Payakumbuh juga menjalin kemitraan dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat, serta pelaku UMKM.

Tidak hanya itu, MY KOPAY rencananya akan diintegrasikan dengan aplikasi layanan publik yang telah dimiliki pemerintah Payakumbuh.

Inovasi lain Pemerintah Kota Payakumbuh lainnya adalah meningkatkan smart branding kota dengan menyelenggarakan Terkesima atau Festival Kebudayaan City of Randang.

Acara ini rencananya akan hadir pada Desember 2022, dengan menggandeng sejumlah UMKM dan pemangku adat. Pemerintah Kota Payakumbuh juga menggelar festival memasak rendang sebagai ajang edukasi untuk menjaga warisan budaya tak benda.

Sementara guna mendukung akselerasi dan optimalisasi produk UMKM, pemerintah Payakumbuh menghadirkan inovasi Bang Soleh untuk memenuhi pilar smart economy.

Adapun upaya yang dilakukan mencakup memperbanyak promosi dan event online, serta membuat layanan transaksi nontunai menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Rekomendasi Lagu Rock dari Raben: Gue Pilih Lagu Itu Karena Rilisnya Waktu Lagi Pemilu!

Untuk mensukseskan Bang Soleh, pemerintah Payakumbuh telah bekerja sama dengan pemilik UMKM, jasa ekspedisi, serta toko retail besar di wilayah mereka.

Pemerintah kota juga ikut berpartisipasi sebagai fasilitator sekaligus penanggung jawab aktivitas pemasaran.

Editor : Yohanes Enggar

Latest