Follow Us

Cara Cek Posisi Transjakarta Lewat Gadget

iamalvin - Selasa, 24 Maret 2015 | 10:01
Cara Cek Posisi Transjakarta Lewat Gadget
iamalvin

Cara Cek Posisi Transjakarta Lewat Gadget

Posisi bus Transjakarta kini bisa dipantau secara real-time atau langsung dari semua perangkat yang terhubung ke internet, seperti PC, smartphone, dan tablet. Fasilitas tersebut pun dapat digunakan secara mudah dan gratis! Ini cara cek posisi Transjakarta lewat gadget.

Untuk memanfaatkan fitur tersebut, kamu nggak perlu menginstalasi aplikasi apapun di perangkatnya. Pengguna cukup membuka browser atau peramban, lalu mengunjungi situs www.smartcityjakarta.com.

Di situs tersebut, pengguna nantinya dapat memantau posisi bus dari Transjakarta yang tersebar di Ibu Kota. Bus-bus tersebut digambarkan dengan sebuah pin berwarna biru.

Selain itu, terdapat juga berbagai pin berwarna merah yang melambangkan posisi shelter atau halte yang dimiliki oleh Transjakarta.

Saat dicoba oleh KompasTekno, fasilitas tersebut benar-benar menyajikan informasi yang real-time. Fitur yang satu ini memang memanfaatkan perangkat GPS yang terpasang di tiap kendaraan untuk menyajikan informasi seakurat mungkin.

Saat mengklik pin berwarna biru ditekan, akan disajikan informasi perihal di koridor mana bus tersebut beroperasi, nomor operasi, kecepatan laju bus, dan informasi tanggal saat ini. Sementara itu, jika pin merah ditekan, akan muncul informasi nama halte.

Meski mampu menampilkan informasi dengan akurat, masih terlihat beberapa kekurangan minor. Salah satunya, sistem nggak menunjukkan ke arah mana bus sedang berjalan. Pengguna harus mengamati fasilitas ini selama beberapa saat untuk mendapatkan jawabannya.

Selain itu, posisi pengguna saat membuka layanan tersebut pun nggak dideteksi di dalam peta. Pun demikian, posisi bus terdekat dari shelter nggak diberitahukan.

Beberapa pin bus tampak terlihat menumpuk di satu lokasi. Saat diklik, bus-bus tersebut terlihat dalam kondisi diam atau nggak melaju sama sekali. Tampaknya, bus ini sedang beristirahat di pool dan sistem GPS tetap berjalan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest