Follow Us

Main Kendama Latih Fokus dan Kesabaran

iamalvin - Rabu, 25 Februari 2015 | 08:04
Main Kendama Latih Fokus dan Kesabaran
iamalvin

Main Kendama Latih Fokus dan Kesabaran

Permainan asli negara Jepang satu ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan kesabaran. Main kendama juga bisa latih fokus dan kesabaran. Tak heran permainan yang bernama Kendama ini bisa digemari oleh anak anak muda.

Sekilas permainan yang berbahan dasar dari kayu ini terlihat biasa biasa saja. Namun ketika mencoba permainan yang terdiri dari tiga bagian ini sepertinya butuh kesabaran ekstra tinggi.

Wijaya, cowok asal Surabaya ini sebenarnya sudah lama bermain Kendama, ia mengenal permainan ini dari temannya di Singapura. Namun setelah beberapa tahun bermain Kendama baru bulan November 2014 kemarin baru membentuk komunitas Kendama.

"Kami setiap malam minggu berkumpul di food fest east cost center ini," jelasnya.

Buat yang nggak tau bentuk mainan asal Jepang ini, kendama adalah sebuah bola berlubang (dama) yang diikat seutas tali ke sebuah palang (ken) yang bentuknya mirip sebuah palu.

Bagian atas ujung tangkai ken disebut kensaki (ujung ken), berbentuk lancip seperti paku untuk memasukkan bola. Pada ujung sisi kiri dan sisi kanan palang terdapat cekungan atau disebut cup yang dipakai untuk menangkap bola.

Cup yang diameternya lebih besar disebut big cup, sedangkan cekungan yang diameternya lebih kecil disebut small cup dan cekungan pada ujung tangkai ken bagian bawah disebut bottom cup.

"Banyak trik dalam permainan ini, karena itulah di komunitas ini kami berkumpul untuk belajar trik trik dalam permainan Kendama ini," paparnya.

Selain melatih fokus dan kesabaran, Ruffi, anggota komunitas Kendama Surabaya lainnya, mengaku belajar permainan Kendama ini karena ia merasa rileks setelah melakukan permainan ini.

"Saya nerasa lebih rileks setelah bisa melakukan trik - trik dalam permainan Kendama," ujarnya.

Bagi Ruffi tiada hari tanpa bermain Kendama. "Bangun tidur langsung ambil Kendama, main sebentar," pungkasnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest