Follow Us

Film Senyap Bawa Pulang 5 Penghargaan di Italia

Ega Hai - Senin, 08 September 2014 | 09:00
Film Senyap Bawa Pulang 5 Penghargaan di Italia
Ega Hai

Film Senyap Bawa Pulang 5 Penghargaan di Italia

Sutradara film The Act of Killing, Joshua Oppenheimer, kembali menyuguhkan film tentang pembantaian 1965-1966. Film itu, The Look of Silence, memberi gambaran beratnya beban kemanusiaan keluarga algojo "membaca" pembantaian 1965. Terlebih beban "dosa sejarah" yang terus dilekatkan kepada penyintas dan keluarga mereka.

Film ini adalah sebenar-benarnya film sekandung The Act of Killing atau Jagal. Namun, film terbaru Oppenheimer itu memilih cara bertutur yang sama sekali berbeda dari Jagal.

The Look of Silence yang dalam bahasa Indonesia berjudul Senyap adalah film dokumenter tentang Adi. Tukang kacamata keliling itu adalah adik dari Ramli, salah satu korban pembantaian 1965-1966 di salah satu desa perkebunan terpencil di Sumatera Utara.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Pengubah Generasi Muda

Film Senyap memenangkan Penghargaan Utama Juri (Grand Jury Prize) dalam Festival Film Internasional Venezia ke 71 (Venice International Film Festival) di Italia. Film Senyap diproduksi oleh 5 negara, yaitu Denmark, Indonesia, Norwegia, Finlandia, dan Inggris.

Selain memenangkan salah satu penghargaan utama tersebut, film Senyap juga memenangkan hadiah lainnya, yaitu FIPRESCI Award (Penghargaan Federasi Kritikus Film Internasional) untuk film terbaik, Mouse d'Oro Award (Penghargaan Kritikus Online).

Untuk film terbaik, Fedeora Award (Federasi Kritikus Film Eropa dan Mediterania) untuk film terbaik Eropa-Mediterania, dan Human Rights Nights Award untuk film terbaik bertema hak azasi manusia. Film Senyap menjadi film dokumenter pertama yang memenangi penghargaan Mouse d'Oro. Film Senyap menerima penghargaan sebagai film bertema hak azasi terbaik bersama film Io Sto con la Sposa karya Antonio Augugliaro, Gabriele Del Grande, dan Khaled Soliman Al Nassiry.

Baca Juga:

Alasan Penonton Ogah Nonton Film Indonesia

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest